Lezatnya 5 Masakan Nusantara Cocok untuk Berbuka Puasa

Pradita Ananda, Jurnalis · Minggu 17 Mei 2020 14:09 WIB
https: img.okezone.com content 2020 05 16 616 2215228 lezatnya-5-masakan-nusantara-cocok-untuk-berbuka-puasa-lDaJerMZyl.jpg Bakmi Jawa. (Foto: Cicicookies)

PADA 10 hari terakhir Ramadhan, biasanya banyak ibu rumah tangga yang mulai pusing menentukan menu apalagi yang bisa dimasak, sebagai sajian makanan berat alias menu utama untuk berbuka puasa. Padahal tak perlu bingung loh, sebab Indonesia begitu kaya dengan masakan khasnya.

Dari yang berkuah, dikukus, ditumis, dipanggang, semua ada. Penasaran makanan enak apa saja yang cocok disantap untuk berbuka puasa?

Dirangkum Okezone Minggu (17/5/2020), berikut paparan singkat lima rekomendasi masakan khas Indonesia yang cocok disantap untuk berbuka puasa. Yuk masak di rumah!

Soto ayam khas Banyumas

soto

Salah satu hidangan berkuah khas Banyumas ini diketahui bisa gampang ditemui di seantero Kabupaten Banyumas dan kota Purwokerto. Pusatnya sendiri disebutkan ada di Kecamatan Sokaraja. Waktu memasaknya pun relatif standar, hanya sekira 60 menit. Bahan utamanya pun hanya empat macam, ayam kampung, tauge, daun bawang, dan tomat. Jika bosan dengan daging ayam, dagingnya bisa diganti dengan daging sapi.

Dengarkan Murrotal Al-Qur'an di Okezone.com, Klik Tautan Ini: https://muslim.okezone.com/alquran

Pepes ayam kemangi

pepes

Nah, menu pepes ayam kemangi sebagai lauk utama untuk berbuka puasa. Selain gampang dibuat, menu pepes ayam bisa jadi alternatif menu makanan sehat. Karena bisa mengurangi kolesterol dari masakan yang diolah dengan cara digoreng.

Nasi goreng kunyit

Bicara soal masakan Indonesia, tak afdol rasanya jika tak menyebut nasi goreng. Nah, nasi goreng dengan salah satu bumbu rempah yang sangat khas Indonesia yakni kunyit. Nasi goreng kunyit ini hanya membutuhkan tiga langkah pembuatan, enam bahan, dan waktu memasak cukup 5 menit.

Mi goreng Jawa

mi

Bosan makan nasi, kenapa tidak coba membuat mi goreng Jawa sendiri di rumah? Mi goreng Jawa ini sangat terkenal karena cita rasa yang begitu khas Jawa, lezat dan nikmat dengan cita rasa gurih, manis, dan pedas.

Memasaknya juga gampang hanya sekitar 30 menit. Cukup tumis bumbu halus hingga harum dan matang betul, kemudian masukkan bahan-bahan pendukung seperti irisan bakso, udang, tumis hingga berubah warna. Tambahkan telur baru masukkan sayuran, bumbu, mi dan kecap manis. Gampang kan?

Semur tahu pedas ala Sumatera Utara

Lauk makanan berat yang satu ini cocok untuk para penyuka pedas. Sebab, semur tahu pedas ala Sumatera Utara ini punya cita rasa pedas yang nikmat. Bahan utama yang diperlukan hanya tahu putih, bumbu-bumbu dasar seperti bawang putih, bawang merah, daun salam, lengkuas, cabai, dan kecap manis. Cara memasaknya pun hanya empat langkah, menumis semua bumbu, menambahkan tahu, beri bumbu, dan menambahkan air sebagai kuah semur. Mudah bukan?

1
3

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini
Adzan Shubuh Adzan Dzuhur Adzan Ashr Adzan Maghrib Adzan Isya