Share

Sambut Lebaran, Sholat Id di Rumah & Silaturahmi via Daring

Rabu 20 Mei 2020 19:02 WIB
https: img.okezone.com content 2020 05 20 614 2217210 sambut-lebaran-sholat-id-di-rumah-silaturahmi-via-daring-Knj80ntsIj.jpg Umat Islam melaksanakan Sholat Idul Fitri di lapangan terbuka (Foto: Okezone.com)

MENJELANG hari raya Idul Fitri, Majelis Ulama Indonesia (MUI) Bantul, DIY mengimbau masyarakat melaksanakan ibadah sholat Idul Fitri di rumah. Tujuannya tak lain untuk menekan penularan virus corona atau Covid-19.

Pihaknya juga memastikan pada lebaran kali ini tidak akan ada takbir keliling ataupun lomba takbir sebagaimana tahun-tahun sebelumnya.

Ketua Majelis Ulama Indonesia (MUI) Bantul, Saebani mengaku prihatin sekaligus bingung lantaran kurang adanya kesepakatan dan kesepahaman pada kesiapan Idul Fitri tahun ini.

Baca juga:ย Nabi Muhammad Tidak Mencontohkan Beli Baju Baru saat Idul Fitri

โ€œMUI berpendapat salat Idul Fitri hukumnya sunnah. Maka dari itu salat Id dapat dilaksanakan di rumah masing-masing dalam rangkaian memutus penyebaran pandemi Covid-19. Termasuk malam takbir juga hendaknya di rumah masing-masing,โ€ terang Saebani, mengutip laman KRjogja, Rabu (20/5/2020).

ilustrasi

Sementara itu, Bupati Bantul, Suharsono mengaku dilema dalam menentukan kebijakan Idul Fitri di tengah pandemi corona. Dia hanya bisa mengimbau warga Bantul mengikuti saran dan patuh pada kebijakan pemerintah pusat.

โ€œGiat ibadah dilakukan dalam rumah. Giat silaturahmi dilakukan via daring,โ€ jelasnya.

Pada kesempatan yang sama, Sekda Bantul, Helmy Jamharis memastikan stok pangan selama Idul Fitri hingga beberapa bulan ke depan masih aman untuk masyarakat.

Dengarkan Murrotal Al-Qur'an di Okezone.com, Klik Tautan Ini: https://muslim.okezone.com/alquran

(put)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini