nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Hari Terakhir Ramadhan, Ketum Muhammadiyah Ingatkan Bayar Zakat

Rizka Diputra, Jurnalis · Sabtu 23 Mei 2020 14:31 WIB
https: img.okeinfo.net content 2020 05 23 614 2218428 hari-terakhir-ramadhan-ketum-muhammadiyah-ingatkan-bayar-zakat-amNowhTFvO.jpg Ketum PP Muhammadiyah, Haedar Nashir (Foto: Okezone.com/Arif Julianto)

MENJELANG Idul Fitri, Ketua Umum Pimpinan Pusat (PP) Muhammadiyah, Haedar Nashir mengimbau kaum muslimin yang berkemampuan hendaknya segera menunaikan kewajiban zakat fitrah sebelum masuk 1 Syawal selain infaq, dan shodaqoh.

Selain itu, Haedar juga menyeru umat Islam untuk memperbanyak membaca takbir, tahmid, tasbih, dan berdzikir kepada Allah. Seraya memupuk kasih sayang, kelekatan, dan kegembiraan dalam merayakan Idul Fitri di keluarga.

“Melalui media teknologi informasi, telepon, dan media sosial dapat dikembangkan silaturahmi dengan saudara dan handaitaulan sehingga terjalin erat persaudaraan, kebersamaan, dan keakraban antarsesama. Kembangkan saling memaafkan dan semangat untuk peningkatan amal shaleh demi kemajuan hidup muslim dalam menebar misi rahmatan lil-‘alamin,” jelasnya, dikutip dari laman suaramuhammadiyah.id.

Baca juga: Zakat Boleh Dilebihkan & Tanpa Ijab Kabul Secara Fisik

Menurut Haedar, setiap muslim maupun warga masyarakat sejatinya saling memupuk persaudaraan, kebersamaan, dan toleransi dalam melaksanakan agama dan hidup berbangsa. Seraya menjauhi silang sengketa, saling menyalahkan, dan pertentangan lebih-lebih ketika kita tengah menghadapi musibah Covid-19 saat ini.

Ilustrasi

Ia juga meminta kepada anggota dan pimpinan Muhammadiyah di seluruh tingkatan dan lingkungan agar menaati dan melaksanakan Surat Edaran dan Maklumat yang telah dikeluarkan berkaitan dengan tuntunan ibadah dalam situasi darurat Covid-19 sebagai wujud berorganisasi dalam satu barisan yang kokoh (QS. Ash-Shaff: 4).

Baca juga: MUI: Pelaksanaan Zakat Harus Perhatikan Protokol Kesehatan

“Semoga Allah mengeluarkan kita dari musibah serta melindungi umat Islam dan bangsa Indonesia dari segala bahaya ini dengan limpahan rahmat dan karunia-Nya,” tandasnya.

(put)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini