5 Panduan Sholat Idul Fitri di Rumah saat Pandemi Corona

Pradita Ananda, Jurnalis · Minggu 24 Mei 2020 05:02 WIB
https: img.okezone.com content 2020 05 23 614 2218645 5-panduan-sholat-idul-fitri-di-rumah-saat-pandemi-corona-T4jGl94rOc.JPG Umat Islam melaksanakan sholat id di lapangan terbuka (Foto: Okezone.com/Arif Julianto)

UMAT Islam pada Minggu 24 Mei 2020 pagi akan melaksanakan salat Idul Fitri. Namun, dikarenakan situasi pandemi corona (Covid-19), disarankan kepada kaum muslimin untuk menggelar salat id cukup di rumah bersama keluarga.

Salat id bersama keluarga di rumah menjadi hal baru bagi masyarakat Indonesia yang sudah terbiasa salat id berjamaah di masjid atau lapangan terbuka.

Baca juga: Tata Cara dan Bacaan Takbir Idul Fitri, Versi Panjang dan Pendek

Hal baru ini tentu membuat banyak orang bingung dan bertanya-tanya, bagaimana cara salat id di rumah? Agar tidak keliru, berikut Okezone paparkan lima panduan salat id di rumah saat pandemi Covid-19 dinukil dari Tuntunan Ramadan Majelis Tarjih dan Tajdid PP Muhammadiyah, tentang 'Tuntunan Salat Idul Fitri dalam Kondisi Darurat Covid-19', yang diterima Okezone dari Sekretaris Lembaga Dakwah Khusus PP Muhammadiyah, Ustadz Faozan Amar pada Sabtu 23 Mei 2020:

1. Rakaat : Dilaksanakan dua rakaat, tanpa azan, iqamat, bacaan ash-sholatul jami’ah dan tanpa disertai salat sunah. Baik sebelum ataupun sesudahnya.

2. Takbir : Pada rakaat pertama, sesudah takbiratul ihram tujuh kali dan pada rakaat kedua sesudah takbiratul qiyam (intiqal) lima kali dengan mengangkat tangan pada semua takbir yang tujuh kali dan lima kali tersebut, (tidak ada tuntunan bacaan di sela-sela takbir tersebut).

Ilustrasi

3. Bacaan surat : Sesudah membaca Al-Fatihah, Imam membaca surat Al-A’laa atau surat Qaaf pada rakaat pertama dan surat Al-Ghaasyiyah atau surat Al-Qamar Iqtarabatis-Sa’ah pada rakaat kedua atau sesuai dengan kemampuan imam di masing-masing keluarga.

4. Khutbah : Kutbah Id dilakukan sesudah salat id, hanya satu kali khutbah dan tidak diselingi dengan duduk di antara dua khutbah. Khutbah dimulai dengan tahmid (Alhamdulillah), tidak dengan takbir. Tapi memang dalam khutbah id diperbanyak menyelingi dengan takbir.

5. Akhir khutbah : Khutbah diakhiri dengan doa, dengan mengangkat jari telunjuk kanan sebagaimana pada khutbah Jumat.

Dengarkan Murrotal Al-Qur'an di Okezone.com, Klik Tautan Ini: https://muslim.okezone.com/alquran

(put)

1
1

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini
Adzan Shubuh Adzan Dzuhur Adzan Ashr Adzan Maghrib Adzan Isya