Makna Sifat Al-Lathiif dalam Asmaul Husna

Muhammad Sukardi, Jurnalis · Senin 25 Mei 2020 09:08 WIB
https: img.okeinfo.net content 2020 05 24 614 2218795 makna-sifat-al-lathiif-dalam-asmaul-husna-PQHJsfXMKu.jpg Ilustrasi. (Foto: Freepik)

ALLAH SWT memiliki sifat Al-Lathiif atau Yang Maha lembut. Sifat ini memberi gambaran pada Muslim bahwa Allah tak pernah marah, kecuali pada mereka yang mendustakannya.

Dalam buku Kisah dan Mukjizat 99 Asmaul Husna untuk Membina Akhlak Mulia Anak karya Ustadz Hanafi, sifat Al-Lathiif ini tertuang di dalam Alquran, seperti ini bunyinya:

"Allah Maha Lembut kepada hamba-hamba-Nya; Dia memberikan rezeki kepada siapa yang Dia kehendaki, dan Dia Maha Kuat, Maha Perkasa." (QS. Asy-Syura: 19).

doa

Di buku ini juga dijelaskan bahwa sebagai orang beriman, sudah seyogyanya kita semua mengambil pelajaran dari sifat Allah yang Al-Lathiif ini. Setiap Muslim harus bersikap lemah lembut kepada setiap makhluk hidup ciptaan Allah.

Misalnya, apabila Anda melihat ada seekor kucing yang kehausan, maka kita harus memberikan kucing itu air agar dia tak kehausan lagi. Begitu juga dengan contoh kegiatan berbaik hati kepada makhluk hidup lainnya.

Contoh lain yang ditunjukan dalam buku ini ialah suatu ketika Rasulullah sedang sujud, lalu cucunya Hasan menaiki punggung Rasulullah. Nabi tak marah atau kesal, ia malah menurunkan dengan lembut cucunya itu dari punggungnya.

Setelah itu, Nabi Muhammad SAW mengajarkan Hasan bagaimana cara sholat yang baik dan benar. Setelah sholat, Nabi pun bermain dengan cucunya tersebut dengan penuh kebahagiaan.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini