Raja Salman Izinkan Masjidil Haram & Masjid Nabawi Gelar Sholat Id

Dimas Andhika Fikri, Jurnalis · Minggu 24 Mei 2020 08:39 WIB
https: img.okezone.com content 2020 05 24 614 2218811 raja-salman-izinkan-masjidil-haram-masjid-nabawi-gelar-sholat-id-7qf8EJO5Kk.jpg Raja Salman bin Abdulaziz Al-Saud (Foto: Reuters)

PEMERINTAH Arab Saudi mengumumkan bahwa sholat Idul Fitri digelar di dua tempat paling suci bagi umat Islam yakni, Masjidil Haram (Makkah) dan Masjid Nabawi (Madinah).

Sebelumnya, kedua tempat ini memang terpaksa ditutup sementara demi mencegah rantai penularan Covid-19. Namun, setelah angka kasus positif di Arab Saudi menurun, pemerintah sepakat untuk membuka kembali Masjidil Haram dan Masjid Nabawi yang rencananya akan diresmikan setelah hari raya Idul Fitri.

Keputusan tersebut rupanya direalisasikan bertepatan dengan momen Lebaran. Kedua tempat suci ini kembali dibuka untuk digunakan sebagai lokasi sholat Idul Fitri.

Baca juga: Arab Saudi Tetapkan Idul Fitri 1441 Hijriah Minggu 24 Mei

Namun sayangnya, masyarakat masih belum diperkenankan untuk datang dan menunaikan sholat berjamaah di sana. Menurut laporan Saudi Press Agency (SPA), kegiatan shalat id ini juga dipastikan akan mendapat pengawasan ketat dari pihak berwenang.

Terlebih setelah Raja Salman bin Abdulaziz Al-Saud, memberikan izin resmi untuk membuka Masjidil Haram dan Masjid Nabawi.

Masjidil Haram

"Keputusan ini menunjukkan betapa bersemangatnya beliau (Raja Salman) untuk 'menghidupkan kembali' dua tempat suci tersebut," ujar Sheikh Dr Abdul Rahman bin Abdulaziz Al Sudais, selaku General Presiden Masjidil Haram dan Masjid Nabawi.

Kendati demikian, Sheikh Abdul Rahman menegaskan bahwa tak ada satupun masyarakat yang boleh mengikuti aktivitas shalat id ini secara langsung. Suara azan dan takbir tetap akan dikumandangkan melalui pengeras suara, hingga waktu shalat tiba.

Baca juga: Masjid Al-Aqsa Segera Dibuka Setelah Idul Fitri

Keputusan ini sebetulnya telah dilakukan sepanjang bulan Ramadhan lalu. Pihak pengelola Masjidil Haram dan Masjid Nabawi tetap melaksanakan ibadah shalat tarawih, namun tanpa dihadiri jamaah. Demikian dilansir Okezone dari Khaleej Times, Minggu (24/5/2020).

(put)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini