Melihat Bayi-Bayi yang Lahir Tepat pada Hari Raya Idul Fitri

Restu Prihargayu, Jurnalis · Rabu 27 Mei 2020 15:01 WIB
https: img.okezone.com content 2020 05 27 614 2220182 melihat-bayi-bayi-yang-lahir-tepat-pada-hari-raya-idul-fitri-HWI6kozdQN.jpg Ilustrasi bayi. (Foto: Freepik)

DERITA psikologis maupun sosial tengah dialami oleh berbagai golongan masyarakat di dunia akibat pandemi covid-19. Tetapi pada momen Idul Fitri tahun ini derita tersebut berubah menjadi sukacita karena ada beberapa bayi yang lahir tepat pada momen Lebaran, tepatnya di Uni Emirat Arab.

UEA menjadi negara pertama di kawasan Teluk yang melaporkan kasus covid-19. Mereka pun melakukan langkah-langkah pencegahan persebaran corona, antara lain dengan melarang warganya bepergian ke luar negeri.

Sebagai negara yang dikenal dengan kekayaan minyaknya, tercatat ada 28 ribu orang lebih dikonfirmasi positif dan 15 ribu lainnya sembuh dari covid-19.

Mengutip dari Gulf News, Selasa (26/5/2020), di Rumah Sakit Burjeel di Abu Dhabi, bayi laki-laki dengan berat 2,9 kilogram lahir 1 detik setelah tengah malam.

Bayi yang diberi nama Selim Mohamed Elbasyamy itu dalam keadaan sehat dan membawa kegembiraan yang luar biasa bagi orangtuanya, Mohammed Elbasyouny dan Mai Youssef Awad.

Ilustrasi bayi. (Foto: Freepik)

Mereka pun mengatakan merasa diberkahi karena anaknya lahir di hari yang penuh keberuntungan (Idul Fitri).

"Kami diberkahi untuk menyambut bayi kami ke dunia pada hari pertama Idul Fitri," kata Mohammad, "Kami ingin berterima kasih kepada staf karena telah merawat keluarga kami dengan baik, dan untuk memastikan semua orang sehat dan baik-baik saja. Kami merasa di rumah."

Di saat yang sama, pasangan Jerry Charly dan Stephy Thankachan juga menyambut bayi laki-lakinya yang terlahir tepat pada Idul Fitri di RS Zulekha, India.

Sebagai ibu, Stephy tidak dapat menahan kegembiraan atas kelahiran bayinya tersebut.

"Putraku terlihat tampan. Kami sangat diberkahi dia dilahirkan pada hari yang penuh keberuntungan," katanya.

Ada juga perayaan yang menggembirakan di RS NMC di Al Ain, ketika pasangan Amna Saaed dan Ali Al Jabri menyambut kedatangan bayi perempuan mereka pada momen yang sama.

"Orang-orang di seluruh dunia merayakan hari keberuntungan ini, tetapi bagi kami kebahagiaan baru saja berlipat ganda saat kami menyambut bayi baru kami," kata Amna yang juga siswa sains dengan jurusan Kebutuhan Khusus di Universitas UEA.

Di tempat lain, RS Universitas Thumbay, Thumbay Medicity, Al Jurf di Ajman, menyambut seorang bayi perempuan dengan berat hampir 3 kg. Bayi yang lahir dari Shilpa Karumunderi dilahirkan secara normal pada Idul Fitri, pukul 06.05 dan beratnya 2.940 gram.

Sementara kelahiran bayi laki-laki yang sehat, dua hari sebelum Idul Fitri, telah menjadi kabar gembira di tengah awan gelap kemalangan bagi pasangan muda India yang menganggur di UEA.

Nishanth dan Prabi, ekspatriat India dari Distrik Allepey yang berjuang mencari pekerjaan sejak pandemi corona dimulai, sangat senang dan bangga telah menjadi orangtua dari seorang bayi laki-laki yang lahir pada malam takbiran.

"Istri saya telah berhenti dari pekerjaannya dan berencana untuk terbang kembali ke India untuk melahirkan bayinya ketika dia menyelesaikan bulan ketujuh. Pada minggu ketiga Maret, tetapi kemudian perjalanan udara dihentikan. Sementara perusahaan saya juga memberhentikan saya karena tidak ada bisnis dan tiba-tiba kami mendapati kami tidak punya uang dan karena dia tidak memiliki asuransi kesehatan. Kami takut akan tagihan rumah sakit yang sangat besar," ujar Nishanth.

Ilustrasi bayi. (Foto: Freepik)

Bayi laki-laki seberat 3,25 kg pun lahir dari pasangan tersebut di RS Al Zahra. Nishanth sangat berterima kasih kepada pihak RS Al Zahra yang telah berempati dengan keadaan ekonominya yang tengah sulit dan bersedia menanggung biaya kebutuhan yang ada.

Bayi-bayi yang terlahir di UEA pun menjadi kabar baik beserta berkah di kala situasi pandemi ini.

Brinda Lakshminarasimha, konsultan Kebidanan dan Ginekologi di RS Khusus NMC Al Ain, mengatakan memiliki tanggung jawab tambahan untuk tidak hanya melahirkan bayi dengan aman, tetapi juga melakukan tindakan pencegahan dan perawatan wajib karena pandemi covid-19.

"Kehidupan baru seperti halnya kehidupan orangtua baru sangat berharga bagi kami dan kami bekerja keras untuk memastikan bahwa mengikuti praktik terbaik global. Bayi di hari raya Idul Fitri sangat spesial bagi keluarga dan staf rumah sakit dan kami sangat senang menjadi bagian dari perjalanan kebahagiaan ini."

RS NMC menyatakan berencana menyambut lebih dari 12 bayi selama Idul Fitri di jaringan global rumah sakitnya mulai 24 Mei lalu.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini