Niqab atau Sorban Bisa Jadi Alternatif Masker

Hantoro, Jurnalis · Senin 01 Juni 2020 21:11 WIB
https: img.okeinfo.net content 2020 06 01 614 2222762 niqab-atau-sorban-bisa-jadi-alternatif-masker-ZDc2WuFBn7.JPG Niqab dan sorban bisa jadi alternatif masker bagi jamaah masjid di Arab Saudi (Foto: Saudigazette)

PUSAT Panggilan Kementerian Kesehatan Arab Saudi “937” menyatakan niqab (untuk wanita) dan sorban (untuk pria) bisa jadi alternatif untuk digunakan sebagai masker wajah. Syaratnya, terbuat dari beberapa lapisan dari kain. Kemudian harus pas erat ketika dikenakan, khususnya di hidung dan mulut.

Mengutip dari Saudigazette, Senin (1/6/2020), Kemenkes Saudi menyatakan hal ini untuk menjawab pertanyaan di media sosial Twitter, apakah cukup menutup mulut dan hidung dengan niqab dan sorban?

Baca juga: Ekspresi Para Jamaah Usai Masjid Nabawi Dibuka

Jawaban ini dinilai akan mengurangi kekhawatiran publik Arab Saudi untuk menggunakan niqab dan sorban sebagai pengganti masker medis atau kain.

Ilustrasi

Pasalnya, Kementerian Dalam Negeri Arab Saudi pada 14 Ramadhan 1441 Hijriah menyetujui aturan tentang pencegahan persebaran corona virus disease (Covid-19). Salah satunya berisi hukuman denda jika tidak mengenakan masker atau kain apa pun yang menutupi hidung dan mulut.

Aturan tersebut juga mewajibkan jaga jarak sosial, mengizinkan karyawan atau petugas keamanan mengukur suhu tubuh ketika memasuki suatu tempat, dan mematuhi langkah-langkah yang berlaku ketika suhu tubuh di atas 38 derajat Celsius.

Baca juga: Lockdown Usai, Arab Saudi Buka Seluruh Kantor Urusan Agama

Jika pelanggaran dilakukan berulang, hukuman dikalikan dengan jumlah dendanya. Denda terbesar dilaporkan SR1.000.

(put)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini