Haji Batal, Calon Jamaah Haji Berdoa Panjang Umur Sampai Tahun Depan

Muhammad Sukardi, Jurnalis · Selasa 02 Juni 2020 17:03 WIB
https: img.okezone.com content 2020 06 02 614 2223237 haji-batal-calon-jamaah-haji-berdoa-panjang-umur-sampai-tahun-depan-rkgZJUyGDY.jpg Para calon jamaah haji Indonesia (Foto: Okezone.com)

MENTERI Agama (Menag) Fachrul Razi memastikan para calon jamaah haji gagal berangkat tahun ini. Keputusan tersebut diambil berdasarkan pertimbangan matang.

Salah satu alasannya adalah demi keselamatan jamaah dan petugas haji. Ya, pandemi Covid-19 jadi alasan kuat jamaah haji 1441 H/2020 M asal Indonesia urung berangkat ke Tanah Suci.

"Ini keputusan pahit dan sulit, di satu sisi kita sudah berusaha untuk penyelenggaraan haji tahun ini. Tapi di sisi lain kita memikirkan tanggungjawab bagi keselamatan jamaah dan petugas haji," kata Menag, Fachrul Razi dalam konferensi pers via Zoom, Selasa (2/6/2020).

Mendengar kabar ini, salah seorang calon jamaah haji asal Tangerang Selatan, Juju, yang turut memberikan komentar. Baginya, keputusan ini harus diterima dengan ikhlas dan lapang dada.

Baca juga: Haji Batal, Menag: Jamaah Tahun Ini Akan Diberangkatkan Tahun Depan

"Insya Allah saya ikhlas dan sudah siap dengan keputusan ini, bahkan dari awal mula pandemi corona muncul," terangnya kepada Okezone melalui pesan singkat, Selasa (2/6/2020).

Ilustrasi

Ia yakin, keputusan yang diambil Menag terkandung hikmah besar di baliknya dan semua calon jamaah haji diharapkan bisa mengambil hikmah tersebut. Dia pun berdoa kepada Allah SWT agar bisa diberi umur panjang sampai akhirnya bisa bertemu dengan musim haji tahun depan.

"Semoga Allah memanjangkan umur saya dan anak saya yang rencananya ikut ibadah haji sampai keberangkatan tahun depan," harapnya.

Baca juga: Haji 2020 Batal, Menag: Ini Keputusan Pahit dan Sulit

"Kalau pun umur tidak sampai, Insya Allah saya sangat yakin niat ibadah haji sudah tercatat sebagai amal ibadah di hadapan Allah SWT," tutup dia.

Dengarkan Murrotal Al-Qur'an di Okezone.com, Klik Tautan Ini: https://muslim.okezone.com/alquran

(put)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini
Adzan Shubuh Adzan Dzuhur Adzan Ashr Adzan Maghrib Adzan Isya