Khotbah Sholat Jumat Perdana: Merawat Takwa hingga Akhir Hayat

Hantoro, Jurnalis · Sabtu 06 Juni 2020 00:01 WIB
https: img.okezone.com content 2020 06 05 330 2225252 khotbah-sholat-jumat-perdana-merawat-takwa-hingga-akhir-hayat-QD2ojObbaK.jpg Ilustrasi sholat. (Foto: Istimewa)

SEJUMLAH masjid di DKI Jakarta dan daerah lain mulai hari ini kembali dibuka. Ibadah Sholat Jumat berjamaah pun dilaksanakan, namun tetap menerapkan protokol kesehatan mencegah persebaran virus corona (covid-19).

Salah satu yang menyelenggarakan Sholat Jumat perdana ini adalah Masjid Kemenko Perekonomian. Dalam Sholat Jumat hari ini, Khatib KH Mohammad Rosyad dalam khotbahnya menyampaikan kiat-kiat merawat ketakwaan.

Ia menyampaikan peran penting takwa dan istikamah dalam iman Islam hingga akhir hayat. Mengutip dari buku 'Tarbiyah Ruhiyah', Khatib menyampaikan lima hal penting untuk mewujudkan takwa dan merawatnya.

"Pertama, hendaknya setiap manusia mengingat-ingat ikrar yang senantiasa diucapkan dalam sholat. Ikrar tersebut ada dalam Surah Al Fatihah Ayat 5 sampai 6," jelas KH Mohammad Rosyad dalam keterangan yang diterima Okezone, Jumat 5 Juni 2020.

Kedua, lanjut dia, hendaknya setiap manusia ber-muraqabah atau merasakan keagungan Allah Subhanahu wa ta'ala di setiap waktu dan keadaan, dalam sepi maupun ramai. Sebab dengan melakukan muraqabah, jelas KH Mohammad Rosyad, manusia akan senantiasa merasa dalam pengawasan Allah.

Ketiga, papar dia, hendaknya manusia senantiasa melakukan muhasabah atau introspeksi diri yaitu dengan mempertanyakan benar atau tidaknya setiap amal ibadah yang dilakukan serta melakukan perhitungan antara amal ibadah dan dosa. Dengan muhasabah ini disampaikan bahwa manusia akan terbebas dari penyakit hati.

"Keempat, hendaknya manusia memberikan sanksi kepada dirinya berupa perbuatan baik jika telah melalaikan Allah Subhanahu wa ta'ala dan melakukan dosa," ucap KH Mohammad Rosyad.

Kelima, tambah dia, hendaknya manusia ber-mujahadah atau bersungguh-sungguh dalam melaksanakan ibadah, karena ibadah merupakan tujuan penciptaan manusia.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini