Aktor Bollywood Abhay Deol Mengecam Penindasan Muslim di India

Saskia Rahma Nindita Putri, Jurnalis · Sabtu 06 Juni 2020 15:04 WIB
https: img.okezone.com content 2020 06 06 614 2225464 aktor-bollywood-abhay-deol-mengecam-penindasan-muslim-di-india-nDiSCWaTs9.JPG Aktor Bollywood, Abhay Deol (Foto: Instagram)

SERUAN gerakan BlackLivesMatter kian menggema pasca-kematian George Floyd yang berujung pilu. Berbagai aksi protes dilayangkan di Amerika Serikat bahkan di seluruh dunia. Salah satu aktor Bollywood, Abhay Deol, membela dan melawan penindasan terhadap kaum minoritas di India, yang juga melibatkan kaum muslim.

Ia menyebutnya "solidarity starts from home". Tak sedikit selebriti India yang menggunakan media sosial mereka untuk menunjukkan rasa simpati terhadap pembunuhan George Floyd.

Namun, hal tersebut dinilai tidak sebanding karena sebagian besar dari mereka justru memilih untuk bungkam dalam menanggapi kasus penindasan muslim yang secara aktif berlangsung di wilayah Uttar, Pradesh dan Kashmir di India.

Baca juga: Tragedi George Floyd, Non Muslim Kagumi Ajaran Nabi Muhammad tentang Rasisme

Hal ini menuai berbagai kritik lantaran mereka justru sangat pasif terhadap apa yang terjadi terhadap penindasan yang terjadi di India sendiri. Mengutip dari laman Theislamicinformation, Abhay Deol memutuskan untuk membela minoritas India, termasuk di antaranya kaum muslim.

Rasisme

Ia menyuarakan pandangannya pada salah satu unggahan di akun Instagram miliknya yang berisikan dukungan terhadap perlawanan atas penindasan yang terjadi pada kaum minoritas di India.

Dalam unggahannya, Abhay Deol menunjukkan dukungan dan menggambarkan bagaimana kondisi kaum minoritas serta masyarakat miskin di India yang sangat menderita akibat pandemi virus corona atau Covid-19 ini.

Lebih lanjut, ia mengajak selebriti India lainnya yang sebelumnya mendukung gerakan BlackLivesMatter untuk turut memberikan suaranya terhadap kasus penindasan pada kaum minoritas di India.

Dengarkan Murrotal Al-Qur'an di Okezone.com, Klik Tautan Ini: https://muslim.okezone.com/alquran

(put)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini
Adzan Shubuh Adzan Dzuhur Adzan Ashr Adzan Maghrib Adzan Isya