Ada 3 Jenis Tidur, Mana Kebiasaan Rasulullah?

Selasa 09 Juni 2020 10:23 WIB
https: img.okezone.com content 2020 06 09 330 2226709 ada-3-jenis-tidur-mana-kebiasaan-rasulullah-KRAhPfrxL1.jpg ilustrasi (stutterstock)

ISLAM mengatur tata kehidupan manusia dengan baik, termasuk dalam hal tidur, salah satu aktivitas penting dibutuhkan oleh makhluk hidup. Rasulullah pernah bersabda bahwa tubuh memiliki hak untuk beristirahat. Tidur mampu membuat tubuh menjadi rileks dan tenang setelah lelah beraktivitas.

Terkait dengan waktu tidur, disinyalir bahwa tidur siang menimbulkan penyakit akibat kelembaban tubuh, semisal merusak pigmen tubuh, menyebabkan penyakit empedu, menyebabkan kemalasan dan melelahkan syahwat.

Baca juga: Cara agar Kerja Seorang Muslimin Bernilai Ibadah

Sebagaimana dikutip dari laman laduni.id yang bersumber Pustaka Ilmu Sunni Salafiyah, Selasa(9/6/2020), tidur siang digolongkan menjadi tiga macam: khuluq, khuruq, dan humuq.

Khuluq adalah tidur di tengah hari. Disebut khuluq (akhlak) karena itu adalah kebiasaan Rasulullah SAW. Khuruq adalah (perusak) adalah tidur di waktu dhuha, kemudian humuq (kebodohan) adalah tidur di waktu ashar.

Seorang ahli syair mengatakan: “sesungguhnya tidur di waktu dhuha adalah dapat menyebabkan kemalasan bagi para pemuda, tidur ashar dapat menimbulkan gila”.

Secara psikologi juga benar, sinar uv saat matahari mengarah tenggelam tak baik buat syaraf diam, dengar-dengar dulu begitu.

Dengarkan Murrotal Al-Qur'an di Okezone.com, Klik Tautan Ini: https://muslim.okezone.com/alquran

(sal)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini
Adzan Shubuh Adzan Dzuhur Adzan Ashr Adzan Maghrib Adzan Isya