Share

Arab Saudi Ternyata 'Surga' bagi Ratusan Spesies Burung di Bumi

Muhammad Sukardi, Jurnalis · Selasa 09 Juni 2020 10:27 WIB
https: img.okezone.com content 2020 06 09 614 2226714 arab-saudi-ternyata-surga-bagi-ratusan-spesies-burung-di-bumi-DM3J6HSsJi.JPG Salah satu spesies burung di Arab Saudi (Foto: Alarabiya)

JIKA Anda berpikir di Arab Saudi hanya ada unta dan hewan gurun pasir lainnya, pikiran Anda mesti diubah mulai sekarang. Sebab, negara kaya akan minyak ini ternyata habitat luar biasa bagi jutaan hewan.

Menurut penjelasan Spesialis Lingkungan dari Saudi Aramco, Chris Boland, Arab Saudi merupakan habitat dari 500 spesies burung, 117 mamalia, 107 reptil, 8 jenis katak, 148 kupu-kupu, 266 karang di laut, dan 1.230 ikan.

Baca juga: Ada 3 Jenis Tidur, Mana Kebiasaan Rasulullah?

Data ini menunjukan juga bahwa Arab Saudi adalah negara yang kaya akan keanekaragaman hayati. PBB menjelaskan, keanekaragaman hayati adalah istilah yang merujuk pada sekitar 8 juta spesies tumbuhan dan hewan di seluruh dunia, serta ekosistem yang menampung mereka.

Burung Arab

Pada kasus Arab Saudi, burung-burung di sana pada umumnya bermigrasi, dengan hampir 300 dari 500 spesies yang melakukan perjalanan ke lokasi berkembang biak di Greenland, Eropa, Asia, Afrika, ataupun Amerika Utara setiap tahunnya.

"Bahkan, beberapa burung meninggalkan sarangnya di Alaska hingga Kanada. Perjalanan burung ini bisa sampai 15 ribu kilometer sampai akhirnya mereka kembali ke utara untuk berkembang biak lagi," terang Boland, melansir Alarabiya.

Baca juga: Ini 7 Hadis yang Menjelaskan Hukum Ziarah Kubur

Secara spesifik, ada perbedaan mendasar antara burung Arab Saudi dengan jenis burung lainnya. Jenis burung Arab Saudi yang cukup terkenal ialah Willow Warbler dengan berat 10 gram atau juga Great White Pelican yang lebar sayapnya melebihi 3,5 meter.

Dengarkan Murrotal Al-Qur'an di Okezone.com, Klik Tautan Ini: https://muslim.okezone.com/alquran

Boland menambahkan, sekitar 27 juta pasang burung lebih dari 200 spesies berbeda datang ke Arab Saudi setiap tahunnya untuk berkembang biak. Fakta ini tak banyak diketahui orang, terlebih tak ada yang bisa membayangkan bagaimana burung-burung ini bisa melintasi padang gurun gersang.

"Gurun pasir itu wilayah panas, kering, dan berangin, tapi burung-burung ini tetap bisa berkembang biak di sana. Wilayah yang banyak didatangi burung adalah puncak hutan di Pegunungan Asir hingga padang pasir yang sangat gersang di Rub 'al-Khali," paparnya.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini