Tiga Amalan yang Bikin Bilal bin Rabah Masuk Surga, Layak Diteladani

Novie Fauziah, Jurnalis · Rabu 10 Juni 2020 13:08 WIB
https: img.okezone.com content 2020 06 10 330 2227523 tiga-amalan-yang-bikin-bilal-bin-rabah-masuk-surga-layak-diteladani-Tz4HAk6ydO.jpg Pemeran Bilal bin Rabah dalam film Omar bin Khattab (Istimewa)

KISAH hidup Bilal bi Rabah, salah satu sahabat yang sangat dicintai Rasulullah SAW sungguh menginspirasi. Awalnya ia budak lalu masuk Islam dan menunjukkan ketakwaan tinggi kepada Allah SWT hingga dijamin masuk surga.

Bilal juga terkenal dengan suaranya yang merdu dan lantang, untuk itu Nabi Muhammad meminta Bilal untuk mengumandangkan adzan untuk pertama kalinya setelah turun wahyu dari Allah, yakni sebagai tanda memanggil waktu sholat.

Selain itu, Bilal juga satu dari 10 sahabat Rasulullah yang dijamin masuk surga. Sekretaris Lembaga Dakwah Khusus PP Muhammadiyah, Ustadz Faozan Amar mengatakan, ada beberapa amalan yang membuat Bilal dipermudah untuk masuk ke dalam surga.

Baca juga: Kisah Bilal bin Rabah, Disiksa Bertubi-tubi tapi Kokoh pada Kalimat Ini

"Ada tiga amalan yang membuat Bilal masuk surga," katanya Ustadz Faozan saat dihubungi Okezone, Rabu (10/6/2020).

Berikut ini tiga amalan yang biasa dilakukan Bilal, sehingga menjadikan ia mudah masuk surga:

1. Bilal tetap memilih dan istiqamah menjadi seorang muslim sekalipun ia disiksa. Hal ini terjadi ketika majikannya tahu, bahwa budaknya tersebut diam-diam masuk Islam. Tidak terima dengan pilihannya itu, akhirnya Bilal disiksa dan dia tetap sabar menghadapi segala ujian.

"Tapi Bilal tidak mau kembali ke dalam kekafirannya, dan tetap melantunkan "Ahadun Ahad, Ahadun Ahad...". Hingga akhirnya Bilal dimerdekakan oleh Abu Bakar, dan menjadi salah seorang sahabat Nabi," terangnya.

 

2. Senantiasa menjaga wadhu kapanpun dan dimanapun.

Dari Abu Hurairah radhiyallahu ‘anhu, Rasulullah SAW bersabda"

"Nabi shallallahu ‘alaihi wasallam bertanya kepada Bilal; Hai Bilal, katakanlah amal yang sangat kau pentingkan selama memeluk Islam karena aku mendengar bunyi sandalmu di hadapanku di surga. Kemudian Bilal menjawab; Tidak ada satu pun amal yang lebih saya utamakan daripada mengerjakan wudhu baik ketika malam maupun siang. Kemudian saya mengerjakan sholat setelah wudhu semampu saya." (HR. Bukhari)

3. Menjadi Muadzin (orang yang mengumandangkan adzan) pertama kali.

Bilal jadi orang pertama sekaligus ditunjuk Rasulullah untuk mengumandangkan azan. Suaranya merdu dan lantang, sehingga Nabi pun memilihnya untuk menyerukan panggilam sholat itu

Dengarkan Murrotal Al-Qur'an di Okezone.com, Klik Tautan Ini: https://muslim.okezone.com/alquran

(sal)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini
Adzan Shubuh Adzan Dzuhur Adzan Ashr Adzan Maghrib Adzan Isya