Dorce Mimpi Kiswah, Bagaimana Tafsir Mimpi Menurut Islam?

Novie Fauziah, Jurnalis · Jum'at 12 Juni 2020 14:06 WIB
https: img.okezone.com content 2020 06 12 614 2228876 dorce-mimpi-kiswah-bagaimana-tafsir-mimpi-menurut-islam-Z2ncchayu1.jpg Dorce Gamalama

MELALUI mimpinya, Dorce Gamalama dititipkan amanah untuk memberikan hadiah kepada presenter kondang, Raffi Ahmad. Hadiah itu berupa potongan kiswah atau kain penutup Kakbah berwarna hitam yang ia simpan selama ini.

Dalam mimpinya itu Dorce mengaku, seseorang berpesan kepadanya agar potongan kiswah itu diberikan kepada Raffi Ahmad. Namun Dorce tidak mengenal orang yang berpesan kepadanya itu.

Selain itu, lanjut Dorce, melihat wajah Raffi. Ia diminta oleh seseorang itu untuk menyampaikan pesan untuk berhati-hati menyimpan barang.

"Ini (kiswah) disuruh bagi dua, kenapa dibagi dua? Saya enggak tahu. Di sana ada muka kamu. Terus sampaikan hati-hati barang yang dititipkan, saya enggak tahu barang apa yang dititipkan," kata Dorce seperti dikutip dari tayangan YouTube Rans Entertainment, Rabu, 10 Juni 2020.

Lalu bagaimana Islam memandang tafsir mimpi? Termasuk yang dialami oleh Dorce Gamalama.

Sekretaris Dewan Keluarga Masjid (DKM) Masjid El Syifa Ciganjur, Ustadz Hadi Saifullah menuturkan, bahwa mimpi ditafsirkan sudah ada sejak zaman Nabi Yusuf Alaihissalam (AS). Ia adalah penafsir bi iznillah, atau penafsir mimpi terbaik.

 

Lebih lanjut, walau Nabi Yusuf adalah penafsir mimpi terbaik, namun apa yang dilakukannya tetap berpegang teguh kepada Allah SWT. "Jadi kita harus tetap berpegang kepada hadist Nabi, bahwa semua yang baik dari Allah, yang buruk dari setan. Tapi tidak semua mimpi harus ditafsirkan dan dicari-cari, dan artinya lalu jadi ke arah mistik," katanya saat dikonfirmasi Okezone, Jumat (12/6/2020).

Dari Abu Hurairah radhiallahu ‘anhu, Nabi Muhammad shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda:

"Mimpi itu ada tiga macam: bisikan hati, ditakuti setan, dan kabar gembira dari Allah." (HR. Bukhari dan Muslim).

Untuk itu mimpi yang dialami Dorce Gamalama tidak bisa ditafsirkan secara spesifik, namun dapat diambil hikmah baiknya yaitu memberikan kiswah kepada Raffi Ahmad yang jarang dimiliki semua orang.

Dengarkan Murrotal Al-Qur'an di Okezone.com, Klik Tautan Ini: https://muslim.okezone.com/alquran

(sal)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini
Adzan Shubuh Adzan Dzuhur Adzan Ashr Adzan Maghrib Adzan Isya