5 Makanan Lezat dan Halal di Bali, Wajib Dicoba saat Traveling

Novie Fauziah, Jurnalis · Sabtu 20 Juni 2020 09:10 WIB
https: img.okezone.com content 2020 06 19 614 2233183 5-makanan-lezat-dan-halal-di-bali-wajib-dicoba-saat-traveling-92r04MaaUR.jpg Ayam betutu (Foto masakanlezat)

BALI menjadi destinasi wisata dunia. Selain alamnya memukau dan adat-budaya yang unik, Bali juga terkenal dengan kulinernya yang lezat. Namun, bagi wisatawan Muslim tentu saja harus mengutamakan kehalalan.

Makanan halal di Bali bisa ditemui di berbagai tempat. Berbagai kuliner nusantara ada di sana.

Baca juga:  10 Gaya Hijab Berbagai Negara, dari Somalia hingga Indonesia

Nah, berikut ini deretan makanan halal di Bali yang dapat wisatawan Muslim nikmati. Apa saja?

1. Nasi Jinggo

Makanan halal yang pertama adalah nasi jinggo. Kuliner satu ini dibungkus dengan pincukan daun pisang sehinga membuat aromanya berbeda.

Porsi nasi jinggo tidak terlalu besar, biasa disantap untuk sarapan. Terdiri dari ayam suwir, sayuran hingga telur.

2. Nasi Tekor

Ketika Okezoner berada di Bali, cobalah asi tekor yang bisa wisatawan Muslim santap dan terjamin ke-halalannya dan tentunya tidak akan membuat kantong jadi tekor atau kebobolan.

Nasi tekor disajikan dalam pincuk atau wadah tradisional yang terbuat dari daun pisang. Di dalamnya terdiri dari nasi putih, telur rebus, urap, kacang goreng dan lauk pauk lainnya.

 

3. Sate Lilit

Selanjutnya adalah sate lilit yang menjadi makanan halal khas Bali. Jika biasanya sate disajikan potongan daging yang ditusuk dengan bambu. Sedangkan sate lilit merupakan daging cincang yang dililitkan ke batang serai.

Jenis sate lilit pun bermacam-macam, yaitu terbuat dari daging ayam, sapi dan ada juga daei daging babi yang tidak bisa wisatawan Muslim konsumsi.

Dengarkan Murrotal Al-Qur'an di Okezone.com, Klik Tautan Ini: https://muslim.okezone.com/alquran

4. Ayam Betutu

Ayam betutu tentu saja sudah tidak asing lagi bagi masyarakat Indonesia. Makanan ini menjadi salah satu kuliner halal di Bali yang bisa wisatawan Muslim nikmati.

Kuliner tradisional ini terbuat dari daging ayam atau bebek, kemudian diberi bumbu rempah-rempah khas Bali, lalu dipanggang dalam api sekam. Salah satu daerah yang terkenal dengan ayam betutunya adalah di kawasan Gilimanuk, Bali.

5. Lawar sayuran

Jangan salah, lawar satu ini bukan terbuat dari babi. Namun lawar halal yang bisa wisatawan Muslim nikmati adalah beerasal dari sayur-sayuran segar, seperti kacang panjang, parutan kelapa, dan bumbu-bumbu khas Bali.

Ada juga yang terbuat dari daging, seperti daging ayam dan entog. Namun pastikan lawar yang dipilih adalah lawar putih, yaitu menggunakan santan.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini
Adzan Shubuh Adzan Dzuhur Adzan Ashr Adzan Maghrib Adzan Isya