Imam Besar Al Azhar Mesir Dukung Keputusan Arab Saudi soal Haji

Hantoro, Jurnalis · Selasa 23 Juni 2020 11:12 WIB
https: img.okezone.com content 2020 06 23 614 2234761 imam-besar-al-azhar-mesir-dukung-keputusan-arab-saudi-soal-haji-dOmsmUXdIl.jpg Masjidil Haram. (Foto: Saudigazette)

ALIM ulama Arab Saudi mendukung keputusan Pemerintah Arab Saudi melalui Kementerian Haji dan Umrah yang memutuskan tetap menggelar ibadah haji 1441 Hijriah/2020 Masehi, namun dengan jumlah jamaah yang sangat terbatas, guna melindungi keselamatan kaum Muslimin dari wabah virus corona (covid-19).

Mengutip dari Saudigazette, Selasa (23/6/2020), dalam pernyataan yang dikeluarkan Lembaga Pers Saudi, Sekretariat Jenderal Dewan Cendekiawan Senior berterima kasih kepada Penjaga Dua Masjid Suci Raja Salman bin Abdulaziz al Saud, Putra Mahkota Muhammad bin Salman, serta Pemerintah Arab Saudi atas upaya besar untuk melayani seluruh jamaah haji.

Baca juga: Arab Saudi Putuskan Tetap Adakan Haji 2020 dengan Jamaah TerbatasĀ 

Masjidil Haram. (Foto: Istimewa)

Baca juga: Haji 2020 Bisa Diikuti Ekspatriat yang Bermukim di Arab SaudiĀ 

Sementara Imam Besar Masjid Al Azhar Syekh Ahmed Al Tayyeb juga mendukung langkah tersebut. Ia menyebutnya sebagai keputusan bijak yang kompatibel dengan syariah.

Syekh Al Tayyeb mengatakan bahwa keputusan tersebut mempertimbangkan kelanjutan ibadah haji 2020, tapi tetap mengutamakan kepedulian terhadap keselamatan para tamu Allah Subhanahu wa ta'ala.

Dengarkan Murrotal Al-Qur'an di Okezone.com, Klik Tautan Ini: https://muslim.okezone.com/alquran

Ia mengatakan bahwa keselamatan pribadi adalah bagian terpenting dari hukum Islam. Langkah itu juga mencerminkan kesadaran pemimpin Arab Saudi akan keseriusan mengatasi virus corona, terutama mengingat persebarannya yang sangat cepat, hingga mengancam kehidupan orang di mana pun.

Dalam sebuah pernyataan, Al Azhar memuji upaya Penjaga Dua Masjid Suci Raja Salman dan Putra Mahkota Muhammad bin Salman dalam melayani serta memfasilitasi para jamaah dan menjaga mereka tetap aman.

Baca juga: Indonesia Apresiasi Putusan Arab Saudi Gelar Haji 2020 dengan Jamaah TerbatasĀ 

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini
Adzan Shubuh Adzan Dzuhur Adzan Ashr Adzan Maghrib Adzan Isya