Rute Khusus untuk Haji Disiapkan, Jamaah Wajib Karantina

Rizka Diputra, Jurnalis · Selasa 23 Juni 2020 20:05 WIB
https: img.okezone.com content 2020 06 23 614 2235211 rute-khusus-untuk-haji-disiapkan-jamaah-wajib-karantina-0tIWIqL8jt.JPG Menteri Urusan Haji dan Umrah Arab Saudi, Dr. Muhammad Saleh Benten (Foto: SPA)

MENTERI Urusan Haji dan Umrah Arab Saudi, Dr. Mohammad bin Saleh Benten menyatakan, Kerajaan Arab Saudi mendapat kehormatan melayani jutaan jamaah haji setiap tahunnya dengan memfasilitasi semua prosedur untuk memungkinkan semua muslim dari berbagai negara melaksanakan haji. Khusus tahun ini, pelayanan akan tetap diberikan meski jumlah jamaah haji terbatas akibat pandemi Covid-19.

Pihak Arab Saudi juga berjanji memberi layanan kesehatan dan keamanan terbaik. Keputusan menggelar haji secara terbatas tahun ini, kata dia, merupakan prakarsa dari 'Penjaga Dua Masjid Suci' yaitu Raja Salman bin Abdulaziz Al Saud dan Yang Mulia Pangeran Mohammed bin Salman bin Abdulaziz Al Saud, Putra Mahkota, Wakil Perdana Menteri dan Menteri Pertahanan.

Arab Saudi, lanjut Saleh, telah melayani lebih dari 150 juta jamaah haji selama sepuluh tahun terakhir. Imbas wabah Covid-19 yang melanda lebih dari 180 negara, Kementerian Kesehatan Arab Saudi lantas menekankan risiko pandemi apalagi vaksin belum ditemukan.

Baca juga: Arab Saudi Hanya Izinkan 10 Ribu Jamaah Haji

Demi menjaga keamanan kesehatan secara global, maka Kerajaan Arab Saudi memutuskan untuk menyelenggarakan ibadah haji 1441H dengan jumlah jamaah terbatas dari internal Kerajaan maupun para mukimin yang tinggal Arab Saudi.

Perizinan haji tersebut pun harus memenuhi persyaratan medis mulai dari isolasi kesehatan jamaah haji sebelum dan setelah mereka melakukan haji, menyediakan lingkungan yang sehat, maupun tetap menjaga jarak aman di tempat-tempat suci.

"Rencana tersebut juga termasuk rute khusus untuk peziarah ke Masjidil Haram, untuk memastikan kepatuhan terhadap standar kesehatan yang ditetapkan oleh Kementerian Kesehatan, selain menerapkan standar internasional tertinggi untuk nutrisi," ujarnya melansir Saudi Press Agency (SPA), Selasa (23/6/2020).

Lebih lanjut dia mengatakan bahwa pemerintah Kerajaan Arab Saudi merasa terhormat untuk melayani jutaan jamaah haji setiap tahun dan keputusan ini demi menjaga keselamatan para jamaah baik saat berhaji hingga selesai beribadah.

"Kami meminta kepada Allah untuk melindungi semua negara dari pandemi ini dan menjaga semua manusia terlindungi dan aman," tuntasnya.

Dengarkan Murrotal Al-Qur'an di Okezone.com, Klik Tautan Ini: https://muslim.okezone.com/alquran

(put)

1
1

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini
Adzan Shubuh Adzan Dzuhur Adzan Ashr Adzan Maghrib Adzan Isya