Keputusan Arab Saudi Gelar Haji Terbatas Dinilai Bijaksana

Rizka Diputra, Jurnalis · Rabu 24 Juni 2020 01:05 WIB
https: img.okezone.com content 2020 06 23 614 2235284 keputusan-arab-saudi-gelar-haji-terbatas-dinilai-bijaksana-1AgDN7Udkf.JPG Ka'bah di Komplek Masjidil Haram, Makkah, Al-Mukarromah (Foto: Reuters)

SEJUMLAH negara muslim termasuk di daratan Afrika menyambut baik keputusan Arab Saudi untuk menyelenggarakan ibadah haji tahun ini dengan pembatasan jumlah jamaah.

Kementerian Wakaf dan Al-Azhar, Mesir serta duta besar Djibouti untuk Kerajaan Dya-Eddine Bamakhrama mengapresiasi tinggi keputusan tersebut. Bamakhrama menyatakan bahwa keputusan Kerajaan Saudi untuk melakukan haji tahun ini sangat bijaksana.

Baca juga: Arab Saudi Hanya Izinkan 10 Ribu Jamaah Haji

“Keputusan ini disambut dengan dua alasan. Pertama, itu mencerminkan keinginan Arab Saudi untuk memegang ritual haji, dan kedua, pada saat yang sama ingin memerangi dan mengatasi pandemi coronavirus, karena banyak orang mungkin menjadi alasan untuk kelanjutan pandemi dan penyebarannya," ujarnya, dikutip dari laman Arab News.

Selain itu, Bahrain juga memuji upaya Kerajaan Arab Saudi untuk membantu para jamaah dan menjaga kesehatan mereka agar memungkinkan melakukan berhaji dengan aman.

Baca juga: Jika Diizinkan Arab Saudi, Aceh Siap Kirim Jamaah Haji

Sebelumnya, Liga Arab juga memuji langkah Arab Saudi yang tetap menggelar pelaksanaan ibadah haji secara terbatas di tengah pandemi Covid-19. Keputusan itu dianggap bijak memertimbangkan faktor kesehatan dan keselamatan para jamaah yang hendak beribadah di tanah suci.

Dengarkan Murrotal Al-Qur'an di Okezone.com, Klik Tautan Ini: https://muslim.okezone.com/alquran

(put)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini
Adzan Shubuh Adzan Dzuhur Adzan Ashr Adzan Maghrib Adzan Isya