Oman Puji Arab Saudi Gelar Haji di Tengah Pandemi Covid-19

Rizka Diputra, Jurnalis · Rabu 24 Juni 2020 02:05 WIB
https: img.okezone.com content 2020 06 23 614 2235292 oman-puji-arab-saudi-gelar-haji-di-tengah-pandemi-covid-19-uMdSc5hDcZ.JPG ilustrasi (Foto: Reuters)

KEMENTERIAN Wakaf dan Urusan Agama Oman menyebut keputusan Kementerian Haji dan Umrah Arab Saudi untuk menyelenggarakan ibadah haji 1441H/2020M dengan jumlah jamaah terbatas sudah tepat.

Pihaknya memandang bahwa pembatasan jamaah haji yang hanya diperbolehkan dari internal kerajaan dan para mukimin di Arab Saudi semata-mata demi mencegah penularan virus corona (Covid-19) secara massif.

"Juga bertujuan untuk mencapai keamanan kesehatan global dalam menghadapi Coronavirus Disease 2019 atau Covid-19," demikian bunyi pernyataan tersebut melansir laman Saudi Press Agency (SPA).

Baca juga: Arab Saudi Hanya Izinkan 10 Ribu Jamaah Haji

Pihak kementerian Oman juga menegaskan bahwa keputusan ini telah menempatkan keselamatan seluruh jamaah haji sebagai skala prioritas utama mengingat meningkatnya jumlah kasus yang terinfeksi Covid-19 di seluruh dunia. Sehingga umat muslim patut menghargainya.

Sebelumnya, Menteri Urusan Haji dan Umrah Arab Saudi, Dr. Muhammad Saleh Benten berharap bahwa jumlah jamaah haji domestik yang melakukan haji tahun ini tidak lebih dari 10.000 orang.

Dia juga menegaskan bahwa tidak ada peziarah dari luar kerajaan yang diizinkan melakukan haji tahun ini. Sementara, Menteri Kesehatan Arab Saudi, Dr. Tawfiq Al-Rabiah dalam konferensi pers secara virtual via Zoom pada Selasa, 23 Juni 2020 menyatakan bahwa para peziarah harus berusia kurang dari 65 tahun dan tidak menderita penyakit kronis apapun.

(put)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini