Laudya Cynthia Bella Ingatkan Perbanyak Ibadah di Bulan Zulkaidah

Novie Fauziah, Jurnalis · Jum'at 26 Juni 2020 13:30 WIB
https: img.okezone.com content 2020 06 26 614 2236777 laudya-cynthia-bella-ingatkan-perbanyak-ibadah-di-bulan-zulkaidah-GQuTCEQQe2.JPG Laudya Cynthia Bella (Foto: Instagram)

ARTIS cantik Laudya Cynthia Bella mengunggah tentang keutamaan bulan Zulkaidah di akun Instagramnya, @laudyacyinthiabella. Ia mengingatkan dalam salah satu ayat Alquran mengenai bulan tersebut.

Allah Subhanahu wata'ala berfirman:

إِنَّ عِدَّةَ الشُّهُورِ عِنْدَ اللَّهِ اثْنَا عَشَرَ شَهْرًا فِي كِتَابِ اللَّهِ يَوْمَ خَلَقَ السَّمَاوَاتِ وَالْأَرْضَ مِنْهَا أَرْبَعَةٌ حُرُمٌ ذَلِكَ الدِّينُ الْقَيِّمُ فَلَا تَظْلِمُوا فِيهِنَّ أَنْفُسَكُمْ

Artinya: "Sesungguhnya bilangan bulan pada sisi Allah adalah dua belas bulan, dalam ketetapan Allah di waktu Dia menciptakan langit dan bumi, di antaranya empat bulan haram. Itulah (ketetapan) agama yang lurus, maka janganlah kamu menganiaya diri kamu dalam bulan yang empat itu," (QS. At-Taubah: 36).

Baca juga: 3 Referensi Gaya Busana Warna Cerah ala Selebgram Halda Firga

"Di bulan Zulkaidah: Setiap amal sholeh pahalanya dilipatgandakan oleh Allah Subhaanahu wa Ta'ala. Setiap dosa pun dilipatgandakan. Di samping kita perbanyak sholat dan puasa dan amal soleh lainnya," tulis Bella.

Bella mengatakan, bahwa amalan hati harus lebih diutamakan. Terlebih terhadap kepasrahan diri dan menggantungkan semuanya kepada Allah Subhanahu wa Ta'ala. Khususnya pada bulan Zulkaidah. Pada waktu tersebut umat Islam dianjurkan untuk memperbanyak ibadah.

"Selamat menjalankan ibadah di bulan Zulkaidah," kata Bella.

Sementara itu, dikutip dari laman Sindonews, Zulkaidah berasal dari kata Qa'ada (قعد) yang berarti duduk atau istirahat tidak beraktivitas. Hal ini karena pada bulan ini orang-orang Arab sedang duduk dan istirahat dari berperang guna menyambut bulan haji, yaitu Zulhijjah.

Dengarkan Murrotal Al-Qur'an di Okezone.com, Klik Tautan Ini: https://muslim.okezone.com/alquran

Selain itu pada bulan tersebut juga diharamkan untuk berperang atau menganiaya diri sendiri. Rasulullah Shallallahu 'alaihi wasallam bersabda:

الزَّمَانُ قَدِ اسْتَدَارَ كَهَيْئَتِهِ يَوْمَ خَلَقَ السَّمَوَاتِ وَالأَرْضَ ، السَّنَةُ اثْنَا عَشَرَ شَهْرًا ، مِنْهَا أَرْبَعَةٌ حُرُمٌ ، ثَلاَثَةٌ مُتَوَالِيَاتٌ ذُو الْقَعْدَةِ وَذُو الْحِجَّةِ وَالْمُحَرَّمُ ، وَرَجَبُ مُضَرَ الَّذِى بَيْنَ جُمَادَى وَشَعْبَانَ

Artinya: "Setahun berputar sebagaimana keadaannya sejak Allah menciptakan langit dan bumi. Satu tahun itu ada dua belas bulan. Di antaranya ada empat bulan haram (suci). Tiga bulannya berturut-turut yaitu Dzulqa'dah, Dzulhijjah dan Muharram. (Satu bulan lagi adalah) Rajab Mudhor yang terletak antara Jumadil (akhir) dan Sya'ban". (HR. Al-Bukhari dan Muslim).

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini
Adzan Shubuh Adzan Dzuhur Adzan Ashr Adzan Maghrib Adzan Isya