Kuota Haji 2020 Terbanyak untuk Ekspatriat, Warga Arab Hanya Sepertiga

Jum'at 26 Juni 2020 15:57 WIB
https: img.okezone.com content 2020 06 26 614 2236900 kuota-haji-2020-terbanyak-untuk-ekspatriat-warga-arab-hanya-sepertiga-sw1enXBD0t.jpg Pertemuan Menag Fachrul Razi dan Dubes Arab Saudi Essam bin Abed Al-Thaqafi (Foto: website Kemenag)

ARAB Saudi resmi membatasi kuota jamaah haji tahun ini yakni tidak lebih dari 10.000 jamaah. Terkait hal itu, Dubes Arab Saudi untuk Indonesia, Essam bin Abed Al-Thaqafi berujar bahwa sebagian besar dari kuota tersebut diperuntukkan bagi warga asing atau ekspatriat yang berdomisili di negeri kaya minyak itu.

“Dari 10 ribu kuota haji tahun ini, sepertiganya untuk warga negara Saudi, sisanya untuk ekspatriat,” jelas Essam bin Abed saat bertemu Menag Fachrul Razi di kantor Kementerian Agama, Jakarta, dikutip dari laman Kemenag.go.id, Jumat (26/6/2020).

Baca juga: Menag Harap Kuota Haji Indonesia Ditambah, Begini Reaksi Dubes Arab Saudi

Setiap tahun, tidak kurang dua setengah juta umat Islam menjalankan ibadah haji. Namun, untuk tahun ini, kuota jamaah dibatasi hanya berkisar 10 ribu, itupun hanya untuk warga Saudi dan ekspatriat yang ada di Saudi. Pembatasan tersebut, kata Essam, disebabkan alasan keselamatan di tengah pandemi virus corona atau Covid-19.

“Pembatasan hanya 10 ribu untuk menjaga keselamatan jamaah di tengah pandemi Covid-19. Sehingga, bisa dikendalikan jika ada kejadian yang tidak diinginkan,” ujarnya.

“Bagi jamaah yang diizinkan berhaji, harus tunduk pada protokol kesehatan yang sangat ketat. Akan dilakukan tindakan preventif juga untuk mencegah Covid,” tegas Essam.

Ia menambahkan, pandemi Covid-19 terjadi di hampir seluruh negara di dunia. Oleh karenanya, Arab Saudi mengambil keputusan untuk meniadakan keberangkatan jamaah dari seluruh negara. Jamaah haji tahun ini hanya dibatasi untuk warga negara Saudi dan warga negara asing atau ekspatriat yang saat ini sudah berada atau berdomisili di Arab Saudi.

Dengarkan Murrotal Al-Qur'an di Okezone.com, Klik Tautan Ini: https://muslim.okezone.com/alquran

(put)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini
Adzan Shubuh Adzan Dzuhur Adzan Ashr Adzan Maghrib Adzan Isya