Berapa Rakaat Maksimal Sholat Tahajud?

Rivaldy Maulana Alamsyah, Jurnalis · Senin 29 Juni 2020 19:20 WIB
https: img.okeinfo.net content 2020 06 29 330 2238304 berapa-rakaat-maksimal-sholat-tahajud-bhGapATSxw.jpg ilustrasi (stutterstock)

SHOLAT Tahajud adalah ibadah sunah yang dilakukan pada tengah malam, setelah tidur. Banyak sekali keutamaan Sholat Tahajud. Selain bisa menambah ketakwaan, terangkat terajadnya, diampuni dosa, dikabulkan segala permintaah, tahajud juga bisa menenangkan jiwa dan menyehatkan.

Perintah Sholat Tahajud tertulis langsung dalam Alquran Surah Al-Isra Ayat 79 yang artinya, “Pada sebagian malam, hendaklah kau bertahajud sebagai tambahan bagimu. Semoga Tuhanmu mengangkatmu ke derajat terpuji.”

Baca juga:  Ini Doa Malaikat untuk Manusia yang Menjenguk Orang Sakit

Nabi Muhammad SAW selalu mengerjakan Sholat Tahajud. Tapi, beliau tidak mewajibkan sholat ini kepada umatnya, karena tahajud hanya bisa dikerjakan oleh orang-orang yang memang hatinya ikhlas.

Para ulama berpendapat bahwa sholat tahajud bisa dilakukan pada waktu antara selesai sholat isya hingga sebelum tiba waktu sholat subuh. Dikerjakan setelah tidur walau sejenak.

Jumlah rakaat sholat tahajud

Jumlah rakaat maksimal sholat tahajud terjadi perbedaan pendapat di kalangan ulama. Tapi, semua sepakat sholat tahajud minimal 2 rakaat.

 

Dari Abu Hurairah, Rasulullah SAW bersabda, “Jika kalian melaksanakan sholat malam, maka hendaklah membukanya dengan dua rakaat yang ringan.”

Pendakwah Ustadz Adi Hidayat menjelaskan dalam tausiyahnya yang disiarkan melalui chanel Youtube, Rasulullah SAW pernah menunaikan shalat tahajud baik yang 7, 11, dan 13 rakaat termasuk witir.

“Mau 2-2 atau 4-4 dua-duanya pernah dilakukan oleh Rasulullah. Dari sinilah kita harus melihat keutamaan yang dimaksud dari berbagai macam jumlah rakaat shalat tahajud ini bergantung pada keadaan dan kemampuan kita dalam menunaikannya,” kata Ustadz Adi Hidayat.

(sal)

Loading...

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini