Ini Doa Malaikat untuk Manusia yang Menjenguk Orang Sakit

Novie Fauziah, Jurnalis · Senin 29 Juni 2020 16:03 WIB
https: img.okezone.com content 2020 06 29 618 2238203 ini-doa-malaikat-untuk-manusia-yang-menjenguk-orang-sakit-xrISYVBVZq.jpg ilustrasi (stutterstock)

WAKIL Ketua Majelis Dakwah dan Pendidikan Islam (Madani) Ustadz Ainul Yaqin mengatakan, 70 ribu malaikat akan mendoakan dan bertasbih bagi hamba Allah yang menjenguk orang sakit. Perbuatan tersebut juga dianjurkan oleh Rasulullah SAW karena sebagai bentuk kepedulian terhadap sesama muslim lainnya.

"Istighfarnya para malaikat untuk kaum mukminin bukti bahwa malaikat lebih sayang kepada manusia, dari pada manusia kepada sesamanya. Bukan hanya istghfar, malaikat juga mendoakan kebaikan untuk mereka (yang menjenguk) dengan rahmat, masuk surga dan agar dihindarkan dari keburukan-keburukan," katanya saat dihubungi Okezone, Selasa (29/6/2020).

Baca juga: Dahsyatnya Pahala Menjenguk Orang Sakit, Akan Didoakan 70 Ribu Malaikat

Berikut ini lafadh atau bunyi doa para malaikat kepada seseorang sedang menjenguk saudaranya yang sakit:

رَبَّنَا وَسِعْتَ كُلَّ شَيْءٍ رَحْمَةً وَعِلْمًا فَاغْفِرْ لِلَّذِينَ تَابُوا وَاتَّبَعُوا سَبِيلَكَ وَقِهِمْ عَذَابَ الْجَحِيمِ

رَبَّنَا وَأَدْخِلْهُمْ جَنَّاتِ عَدْنٍ الَّتِي وَعَدْتَهُمْ وَمَنْ صَلَحَ مِنْ آبَائِهِمْ وَأَزْوَاجِهِمْ وَذُرِّيَّاتِهِمْ ۚ إِنَّكَ أَنْتَ الْعَزِيزُ الْحَكِيمُ

وَقِهِمُ السَّيِّئَاتِ ۚ وَمَنْ تَقِ السَّيِّئَاتِ يَوْمَئِذٍ فَقَدْ رَحِمْتَهُ ۚ وَذَٰلِكَ هُوَ الْفَوْزُ الْعَظِيمُ

rabbanā wasi’ta kulla syai`ir raḥmataw wa ‘ilman fagfir lillażīna tābụ wattaba’ụ sabīlaka wa qihim ‘ażābal-jaḥīm

rabbanā wa adkhil-hum jannāti ‘adninillatī wa’attahum wa man ṣalaḥa min ābā`ihim wa azwājihim wa żurriyyātihim, innaka antal-‘azīzul-ḥakīm

wa qihimus-sayyi`āt, wa man taqis-sayyi`āti yauma`iżin fa qad raḥimtah, wa żālika huwal-fauzul-‘aẓīm

Artinya: "Wahai, Pemelihara kami! Engkau meliputi segala sesuatu dalam rahmat dan pengetahuan-(Mu): maka ampunilah dosa-dosa mereka yang bertobat dan mengikuti jalan-Mu dan lindungilah mereka dari penderitaan berupa api yang berkobar

Dan, wahai Pemelihara Kami! Masukkanlah mereka ke dalam taman-taman kebahagiaan abadi yang telah engkau janjikan kepada mereka, bersama orang-orang yang saleh di antara bapak-bapak mereka dan pasangan-pasangan mereka serta keturunan mereka—sebab, sungguh, hanya Engkau-lah Yang Mahaperkasa, Mahabijaksana dan lindungilah mereka dari (melakukan) perbuatan-perbuatan jahat: sebab, siapa pun yang pada Hari (Pengadilan) itu Kau lindungi dari [noda] perbuatan-perbuatan jahat, dialah orang yang telah Engaku muliakan dengan belas kasih-Mu: dan itu, itulah kemenangan yang tertinggi!"(QS.Al-Ghafir:7,8,9).

ilustrasi

Lebih lanjut, ucapan yang baik ketika menjenguk orang sakit adalah doa. Apalagi saat itu malaikat juga ikut hadir dan mengamini setiap ucapan orang yang sedanng menjenguk. Oleh karena itu dianjurkan berbicara yang baik serta niatan yang tulus.

"Sesungguhnya menjenguk orang sakit banyak keutamaannya, tidak hanya bentuk mempererat silaturahim, juga wujud kepedulian sesama muslim saling mencintai dan menyayangi, terlebih pelajaran agar kita ingat dan bersyukur ketika sehat. Selain itu pahala juga mengalir deras, bahkan para malaikat mengikuti mengamini kita," tuturnya.

Rasulullah SAW bersabda:

«مَا مِنْ مُسْلِمٍ يَعُودُ مُسْلِمًا غُدْوَةً إِلَّا صَلَّى عَلَيْهِ سَبْعُونَ أَلْفَ مَلَكٍ حَتَّى يُمْسِيَ، وَإِنْ عَادَهُ عَشِيَّةً إِلَّا صَلَّى عَلَيْهِ سَبْعُونَ أَلْفَ مَلَكٍ حَتَّى يُصْبِحَ، وَكَانَ لَهُ خَرِيفٌ فِي الجَنَّةِ»

Artinya: "Tidak ada seorang muslim yang menjenguk muslim lainnya yang sakit di pagi hari, melainkan akan didoakan oleh tujuh puluh ribu malaikat hingga sore hari. Dan jika ia menjenguknya di sore hari, maka akan didoakan oleh tujuh puluh ribu malaikat hingga pagi hari. Dan ia akan memperoleh buah-buahan yang dipetik dari surga." (HR. Tirmidzi).

(sal)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini