Jadi Obat Galau, Ini Tujuan Sholat Istikharah

Sarah Nurjannah, Jurnalis · Selasa 30 Juni 2020 15:52 WIB
https: img.okezone.com content 2020 06 30 330 2238886 jadi-obat-galau-ini-tujuan-sholat-istikharah-4H2Olmhi6i.jpg ilustrasi (stutterstock)

SHOLAT Istikharah lazim dikerjakan untuk meminta petunjuk dari Allah SWT biasanya ketika bingung atau galau harus memilih di antara beberapa pilihan yang ada. Misalnya saat hendak memutus menikah dengan satu di antara dua calon pasangan. Atau minta dimantapkan hati untuk urusan lain.

“Tujuan dari Sholat Istikharah adalah meminta pertolongan Allah SWT agar bisa memiliki kemantapan hati untuk bisa memilih yang baik dan tepat atas suatu perkara yang mubah dan halal, namun tidak dimengerti mana yang terbaik untuk dirinya, seperti urusan pekerjaan, pernikahan, menentukan jenjang studi, dan lain sebagainya,” kata Penasihat Lembaga Waqaf ZIS Yayasan SKeMa Bandung, Ustadz Mohammad Teguh Budiman kepada Okezone, Selasa (30/6/2020).

Baca juga:  4 Inspirasi Gaun Putih untuk Hijabers Sambut Idul Adha

Diceritakan dari Jabir bin Abdillah Radhiyallahu ‘anhu bahwa “Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wa sallam pernah mengajarkan istikharah kepada kami dalam (segala) urusan, sebagaimana beliau mengajari kami surat dari Alqur’an.”

Rasullullah SAW bersabda, “Jika salah seorang di antara kalian berkeinginan keras untuk melakukan sesuatu, maka hendaklah dia mengerjakan sholat dua rakaat di luar sholat wajib, dan hendaklah dia mengucapkan : (‘Ya Allah, sesungguhnya aku memohon petunjuk kepada-Mu dengan ilmu-Mu, memohon ketetapan dengan kekuasan-Mu, dan aku memohon karunia-Mu yang sangat agung, karena sesungguhnya Engkau berkuasa sedang aku tidak kuasa sama sekali, Engkau mengetahui sedang aku tidak, dan Engkau Maha Mengetahui segala yang ghaib. Ya Allah, jika Engkau mengetahui bahwa urusan ini (kemudian menyebutkan langsung urusan yang dimaksud) lebih baik bagi diriku dalam agama, kehidupan, dan akhir urusanku”

 

Atau mengucapkan :

“Baik dalam waktu dekat maupun yang akan datang-, maka tetapkanlah ia bagiku dan mudahkanlah ia untukku. Kemudian berikan berkah kepadaku dalam menjalankannya. Dan jika Engkau mengetahui bahwa urusan ini buruk bagiku dalam agama, kehidupan dan akhir urusanku”

Atau mengucapkan:

“Baik dalam waktu dekat maupun yang akan datang-, maka jauhkanlah urusan itu dariku dan jauhkan aku darinya, serta tetapkanlah yang baik itu bagiku di mana pun kebaikan itu berada, kemudian jadikanlah aku orang yang ridha dengan ketetapan tersebut), beliau bersabda : “Hendaklah dia menyebutkan keperluannya” (HR. Al-Bukhari.)

Menurut Ustadz Teguh, hal terpenting dalam Sholat Istikharah adalah melapangkan hatinya atas ketetapan yang akan Allah berikan, sehingga tanpa ada keraguan bahwa Allah lah yang mampu memberikan yang terbaik bagi hamba-Nya.

(sal)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini