Salut, Relawan Muslim Bantu Pemakaman Non-Muslim Korban Covid-19

Novie Fauziah, Jurnalis · Selasa 07 Juli 2020 18:36 WIB
https: img.okezone.com content 2020 07 07 614 2242684 salut-relawan-muslim-bantu-pemakaman-non-muslim-korban-covid-19-tct776fca0.jpg Relawan muslim bantu makamkan jenazah non-muslim korban Covid-19 (Foto: Asian News)

BELUM lama ini ini viral video sekelompok relawan muslim Bangladesh membantu pemakaman warga non-muslim yang meninggal akibat virus corona atau Covid-19. Hal ini mencerminkan tentang keharmonisan antar umat beragama di negara tersebut.

Dilansir dari laman Asian News, sukarelawan muslim di wilayah tersebut sudah dilatih secara profesional, bagaimana menguburkan pasien yang meninggal dunia akibat wabah tersebut.

Sebagai bagian dari proses penguburan, pertama-tama mereka menyemprotkan cairan disinfektan (campuran air dan alkohol) ke tubuh mayat. Kemudian memandikannya dengan larutan sabun dan air, dan menggosoknya dengan kain.

Setelah itu, mayat dibungkus kain kafan dan ditempatkan di dalam kantong plastik khusus. Sahidul Islam, selaku Kepala Yayasan Al-Manahil, yang merupakan badan amal berbasis di Chittagong mencatat, penguburan warga nonmuslim adalah sebuah pengalaman baru bagi kelompoknya.

Baca juga: Jual Sajadah Bergambar Kakbah untuk Karpet Rumah, Perusahaan Asal China Dikecam

"Kami menerima telepon dari otoritas kesehatan dan segera merespons, terlepas dari kepercayaan. Kami telah melihat banyak situasi sulit, bahkan kasus di mana anak-anak menolak untuk menyentuh tubuh ayah mereka," katanya.

Yayasan Al-Manahil didanai oleh sumbangan pribadi, bukan hasil meminta-minta dana kepada orang lain. "Kami membawa Mary Stela Roy, seorang wanita non-muslim, dari rumah sakit ke pemakaman. Keluarganya sangat berterima kasih kepada kami," kata Sahidul.

Selain itu, organisasi sukarelawan lainnya, Man for Man Force bertugas untuk pemakaman di Dhaka. Baru-baru ini mereka membantu wargan nonmuslim bernama Rony Gomes dari Dharenda.

Salah seorang relawan muslim, Mohammad Rajib mengatakan bahwa pandemi Covid-19 adalah tantangan global. Oleh karenanya, semua agama harus bersatu untuk melawan wabah ini.

Umat agama lainnya juga berusaha berkumpul untuk memastikan pemakaman yang layak, bagi pasien yang terkena Covid-19.

Kemudian umat lainnya pun sangat berterima kasih kepada sukarelawan muslim yang sudah membantu para korban corona berbeda keyakinan.

Bahwasanya di beberapa keyakinan lain belum ada yang menjelaskan, bagaimana cara mengurus jenazah yang meninggal akibat wabah. Sementara Islam sudah memiliki tata caranya, dan hal itu membuat pemakaman berjalan lebih aman dan mengundang simpati publik.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini