Di Hadapan Santri, Menag: Presiden dan Wapres Sangat Peduli Pesantren

Rabu 08 Juli 2020 15:36 WIB
https: img.okezone.com content 2020 07 08 614 2243144 di-hadapan-santri-menag-presiden-dan-wapres-sangat-peduli-pesantren-zheMDzFCuR.jpg Menteri Agama RI, Fachrul Razi (Foto: Kemenag.go.id)

MENTERI Agama (Menag), Fachrul Razi turut mendampingi Wakil Presiden (Wapres), KH Ma'ruf Amin dalam kunjungan ke Pesantren Assobariyyah, Kota Sukabumi, Jawa Barat. Wapres dan Menag meninjau kesiapan penerapan new normal di pesantren sekaligus menyapa para santri.

Di hadapan pengasuh, kiai, dan para santri, Menag berbagi kisah tentang kepedulian Presiden dan Wapres kepada pesantren.

"Saya senang karena punya Presiden dan Wapres yang sangat peduli dengan madrasah dan pesantren. Setiap saya sampaikan rencana program membantu pesantren dan madrasah, beliau lebih dulu meminta agar pesantren dan madrasah dibantu," ungkap Menag di Sukabumi, melansir laman resmi Kemenag, Rabu (8/7/2020).

Menurut dia, dalam rangka penanggulangan wabah Covid-19, pemerintah telah mengalokasikan bantuan untuk pesantren dan madrasah. Bantuan bahkan tidak hanya dari pemerintah, tapi juga luar negeri.

Baca juga:ย Menag: Anggaran Penanggulangan Covid-19 Bukan Hanya untuk Pesantren

Ia mencontohkan, untuk mengembangkan pembelajaran daring, Kemenag telah bekerjasama dengan Uni Emirat Arab (UEA) untuk pelaksanaan e-learning di madrasah.

"Meski dalam Covid 19, alhamdulillah banyak bantuan dari pemerintah. Banyak negara juga yang ingin bantu pesantren dan madrasah, misalnya Uni Emirat Arab dalam pengembangan e-learning di madrasah," tuturnya.

"Selayaknya kita mengucapkan banyak terima kasih kepada Presiden dan Wapres yang peduli kepada madrasah dan pesantren. Selamat belajar. Jangan kurangi minat belajar kita untuk menjadi generasi terbaik bagi bangsa dan negara," tandasnya.

Dengarkan Murrotal Al-Qur'an di Okezone.com, Klik Tautan Ini: https://muslim.okezone.com/alquran

Sebelumnya, Kemenag menyatakan bahwa pihaknya tak hanya memiliki anggaran penanggulangan Covid-19 untuk pesantren, namun juga bagi lembaga keagamaan lainnya.

Demikian diungkapkan Menteri Agama, Fachrul Razi menjawab pertanyaan anggota Komisi VIII DPR ikhwal keberpihakan Kemenag terhadap lembaga keagamaan di luar Islam dalam rapat kerja, Selasa 7 Juli 2020 kemarin.

Menag menegaskan, ia beserta jajarannya telah menghitung kebutuhan penanggulangan Covid bagi seluruh lembaga keagamaan.

"Sudah dihitung, tidak hanya untuk pesantren saja, tapi juga untuk pendidikan agama lain," kata Menag.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini
Adzan Shubuh Adzan Dzuhur Adzan Ashr Adzan Maghrib Adzan Isya