Jusuf Kalla Ingatkan Pentingnya Memakmurkan Masjid

Novie Fauziah, Jurnalis · Rabu 08 Juli 2020 20:11 WIB
https: img.okezone.com content 2020 07 08 614 2243351 jusuf-kalla-ingatkan-pentingnya-memakmurkan-masjid-ugWF0ib2tr.JPG Ketua Dewan Masjid Indonesia, HM. Jusuf Kalla (Foto: Okezone.com)

KETUA Dewan Masjid Indonesia (DMI), HM. Jusuf Kalla menjelaskan syarat yang harus dimiliki untuk membangun peradaban. Hal itu disampaikannya Webinar Nasional bertema “Membangun Peradaban Islam Indonesia Berbasis Masjid".

"Kalau kita melihat sejarah dunia umat Islam, peradaban itu setidak-tidaknya memiliki tiga syarat, yaitu ilmu pengetahuan maju, kemakmuran masyarakat maju dan pemimpin yang adil," kata JK, Rabu (8/7/2020).

Ia menjelaskan bahwa motto DMI “Memakmurkan dan Dimakmurkan Masjid” harus terus dijalankan. Ia mengimbau kepada seluruh umat Islam, baik pengurus masjid maupun jemaahnya, untuk terus meningkatkan fungsi masjid sebagai sumber ilmu pengetahuan dan sumber kemakmuran yang dapat meningkatkan kesejahteraan masyarakat sekitarnya.

Sebab, fungsi masjid akan semakin baik dan eksteriornya akan semakin bagus apabila ekonomi masyarakat muslim semakin membaik.

Baca juga: Kiai Ma'ruf: Masjid Potensial Jadi Basis Pemberdayaan Ekonomi Umat

“Memakmurkan masjid artinya membangun, memelihara dan tentu (sebagai) tempat beribadah. Karena itu baru masjid makmur. Tapi dimakmurkan masjid ialah dengan mendorong masjid itu kepada penguasaan ilmu, penguasaan ekonomi, nah itulah keseimbangan yang harus dibangun," terangnya.

"Dan masjid harus berusaha seperti itu. Fungsi hablum minannas (hubungan dengan manusia) dan hablum minallah (hubungan dengan Allah) harus lebih baik lagi,” pungkas JK.

Kegiatan Webinar yang diinisiasi oleh Badan Pengelola Masjid Istiqlal ini dimoderatori oleh Mulawarman Hannase dan berlangsung secara virtual melalui video conference. Acara disiarkan langsung di kanal YouTube Masjid Istiqlal Jakarta dan diikuti oleh lebih dari 500 peserta dari seluruh Indonesia.

Selain Ketua Umum DMI, hadir secara virtual memberikan paparannya antara lain cendekiawan muslim Azyumardi Azra dan Imam Besar Masjid Istiqlal, Prof Nasaruddin Umar.

Dengarkan Murrotal Al-Qur'an di Okezone.com, Klik Tautan Ini: https://muslim.okezone.com/alquran

(put)

Berita Terkait

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini
Adzan Shubuh Adzan Dzuhur Adzan Ashr Adzan Maghrib Adzan Isya