Ustadz Khalid Basalamah Ungkap Hikmah Dahsyat dari Bersedekah

Sarah Nurjannah, Jurnalis · Kamis 09 Juli 2020 16:18 WIB
https: img.okezone.com content 2020 07 09 330 2243771 ustadz-khalid-basalah-ungkap-hikmah-dahsyat-dari-bersedekah-Yo6gtHzr0R.jpeg ilustrasi (stutterstock)

SEDEKAH atau menginfaqkan sebagian harta di jalan Allah SWT seperti memberikan bantuan kepada anak yatim, fakir, miskin atau orang yang membutuhkan adalah salah satu anjuran Allah. Hikmah dari sedekah sangat luar biasa.

Sedekah jadi kunci untuk dimudahkan rezeki atau diberikan kekayaan oleh Allah. Setiap sedekah yang diberikan seorang muslim, baik berupa harta, makanan atau pakaian terhadap orang yang membutuhkan, maka Allah akan membalasnya berkali lipat.

Baca juga: Bolehkah Berbicara ketika Sedang Makan?

“Kunci untuk menjadi kaya raya bagi seorang muslim adalah dengan berinfaq dan bersedekah. Bilamana kita sering mendengar orang mengatakan menjadi kaya raya dengan menabung, menabung pangkal kaya, justru Islam mewariskan bahwa sedekah pangkal kaya,” kata pendakwah kondang Ustadz Khalid Basalamah dalam ceramahnya yang ikut disiarkan melalui chanel Youtubenya seperti dikutip, Kamis (9/7/2020).

Allah berfirman dalam Alquran:

“Jika kamu menampakkan sedekahmu, maka itu baik. Dan jika kamu menyembunyikannya dan memberikannya kepada orang-orang fakir, maka itu lebih baik bagimu dan Allah akan menghapus sebagian kesalahan-kesalahanmu. Dan Allah Maha Teliti apa yang kamu kerjakan.” (Qs. Al-Baqarah: 271)

Semakin banyak sedakah yang diberikan kepada yang membutuhkan, maka semakin banyak pula rezeki yang akan Allah berikan kepada si dermawan.

Tiap muslim harus memahami bahwa semua yang dimilikinya seperti harta benda hanya semata-mata titipan Allah yang harus dibersihkan dengan bersedekah di jalan-Nya.

Dalam hadist yang diriwayatkan Imam Muslim dari Abu Hurairah, Rasulullah berkata, “Allah Tabaraka wa Ta’ala berfirman, ‘Wahai anak Adam, berinfaklah, niscaya Aku berinfak (memberi rizki) kepadamu.”

Dalam hadist lain diriwayatkan Imam Bukhari dan Muslim, Rasulullah bersabda, “Siapa yang membangun rumah Allah di muka bumi (termausk bersedekah), Allah akan membangunkan baginya istana di surga."

Ustadz Khalid mengatakan bahwa betapa besar jaminan Allah bagi orang yang bersedekah.

“Ternyata kunci untuk menjadi kaya itu dengan bersedekah seperti ini. Apabila saudara muslim sekalian melihat celengan masjid, berikanlah sebagian hartamu. Berapa banyak yang sering kita temukan kotak-kotak amal yang kita temui di pinggir jalan butuh bantuan untuk membangun masjid? Kalau kita sudah berikan hari ini Rp10 ribu, maka dikeesokan harinya pun kita berikan lagi," kata Khalid.

Dengarkan Murrotal Al-Qur'an di Okezone.com, Klik Tautan Ini: https://muslim.okezone.com/alquran

"Dalam 10 hari bersedekah secara terus menerus, jika sekali maka akan dibuatkan istana surga, dan jika beratus-ratus kali juga akan dibuatkan beratus istana di surga,” ujar dai kelahiran Makassar tersebut.

Ustadz Khalid menyebutkan sekali bersedekah karena Allah, maka Allah akan membalas kebaikan itu hingga 10 kali lipat minimal.

Ini sebagaimana firman Allah dalam Surah Al An’am ayat 160 yang artinya, “..siapa yang melakukan perbuatan baik maka Allah akan membalasnya 10 kali lipat.”

Selain akan dibalas berkali lipat kebaikan oleh Allah, bersedekah juga dapat menggungurkan dosa dan menghindari seseorang dari bala atau bencana.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini
Adzan Shubuh Adzan Dzuhur Adzan Ashr Adzan Maghrib Adzan Isya