Masjid Istiqlal Absen Gelar Sholat Idul Adha Tahun Ini

Novie Fauziah, Jurnalis · Kamis 09 Juli 2020 15:18 WIB
https: img.okezone.com content 2020 07 09 614 2243727 masjid-istiqlal-absen-gelar-sholat-idul-adha-tahun-ini-e3O3cUrOdF.jpg Masjid Istiqlal, Jakarta (Foto: Okezone.com)

MASJID Istiqlal tidak akan menggelar pelaksanaan Sholat Idul Adha 1441 Hijriah. Pasalnya, renovasi masjid hingga kini belum kunjung rampung.

Hal itu disampaikan Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (PMK), Muhadjir Effendy dalam rapat virtual terkait persiapan penyelenggaraan Idul Adha 1441 Hijriah, Kamis (9/7/2020).

"Sudah ada diambil kesekapatan tentang penggunaan Masjid Istiqlal. Intinya tahun ini Masjid Istiqlal tidak digunakan sholat Idul Adha," kata Muhadjir.

Hal senada disampaikan Imam Besar Masjid Istiqlal, KH Nasaruddin Umar. Menurutnya, proses renovasi Masjid Istiqlal saat ini telah mencapai 90 persen.

Meski demikian, pihaknya memertimbangkan untuk tidak menggelar Sholat Idul Adha karena renovasi di bagian pintu masuk belum selesai.

Baca juga: Inspirasi Gaya Harajuku Hijab Style ala Selebgram Bella Attamimi

"Obyektifnya, kita renovasi memang hampir selesai yakni 90 persen. Ada yang belum selesai ada pintu masuknya," tuturnya.

Masjid Istiqlal kata dia, jelas memertimbangkan aspek keselamatan jamaah ketimbang mengejar manfaat. Sehingga pihaknya meminta agar Masjid Istiqlal disempurnakan terlebih dahulu sebelum resmi beroperasi normal.

"Kita kedepankan yang wajib baru sunah untuk kemaslahatan semuanya. Kita beri kesempatan supaya Istiqlal bisa sempurna dan tepat waktu, maka dipilih belum bisa menggelar sholat Idul Adha," pungkasnya.

Sebelumnya, Masjid Istiqlal juga tidak menggelar pelaksanaan Sholat Idul Fitri, 1 Syawal 1441 Hijriah lalu.

Kepala Protokol Humas Masjid Istiqlal, Abu Hurairah saat itu mengatakan, keputusan tersebut diambil karena angka penyebaran Covid-19 di wilayah DKI Jakarta masih tinggi.

"Shalat Idul Fitri tidak digelar di Masjid Istiqlal tahun ini karena pemerintah daerah maupun pusat masih menetapkan wilayah DKI Jakarta masuk zona merah," kata Abu beberapa waktu lalu.

(put)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini