Mengubah Persepsi Muslimah di Sampul Majalah

Muhammad Hafizh Arya Pradana, Jurnalis · Rabu 15 Juli 2020 19:02 WIB
https: img.okezone.com content 2020 07 15 614 2246981 mengubah-persepsi-muslimah-di-sampul-majalah-mTD2kb5TIM.JPG Seorang wanita muslimah jadi sampul majalah (Foto: Ummah Sports)

DI ERA modern wanita kerap dipersepsikan sebagai simbol keindahan. Sehingga wajar saja, sampul majalah kerap menampilkan sosok perempuan yang memang memiliki daya tarik tersendiri.

Namun, hal itu rupanya tidak populis bagi para wanita muslimah. Menurut segelintir orang, wanita muslimah yang lazimnya berhijab, sosoknya tidak menjadi konsumsi publik, semisal pada sampul majalah atau koran karena cenderung mempertontonkan aurat.

Namun persepsi seperti itu coba dibantah oleh majalah yang satu ini. Majalah itu kerap menampilkan wanita dengan balutan hijab sporty namun tetap islami.

Rahaf Khatib, seorang pelari rekreasi dari Farmington Hills, Michigan, Amerika Serikat (AS), mengungkapkan, wanita muslimah belakangan kurang terwakili di majalah-majalah wanita.

Ia memerjuangkan derajat para wanita berhijab untuk lebih kreatif, apapun ras, budaya, agama yang dimiliiki.

Baca juga: Gaya Feminin Classy Outfit Dress ala Selebgram Sinta Sri Antan

"Saya merasa perlu mewakili yang kurang terwakili, Kita semua melewati garis finish yang sama, secara harfiah dan kiasan," ujarnya, dikutip dari laman Ummah Sports.

"Dia mengirimi kami email dengan alasan kurangnya perhatian kepada wanita berhijab muslim yang diwakili di majalah wanita dan menantang kami untuk mengubahnya. Kami tidak bisa tidak mendengarkannya," timpal sang pemimpin redaksi, Jessie Sebor.

Atas usahanya tersebut, Khatib ditampilkan dalam terbitan Women's Running edisi Oktober 2016 dengan julukan "Hijabi Runner" dan di samping tajuk utama, "#LikeAGirl 20 Kisah Luar Biasa Wanita yang Mengubah Permainan".

Wanita 36 tahun kelahiran Suriah dan menetap di Amerika Serikat sejak 1980-an ini merupakan atlet marathon. Selama kiprahnya di dunia atletik, ia telah berlari marathon di berbagai ajang internasional.

(put)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini