Buat Traveller Muslim Hobi Fotografi, Perhatikan 3 Hal Ini saat Liburan

Pristia Astari, Jurnalis · Rabu 15 Juli 2020 19:38 WIB
https: img.okezone.com content 2020 07 15 615 2247007 buat-traveller-muslim-hobi-fotografi-perhatikan-3-hal-ini-saat-liburan-8Phx6Y6LBD.jpg ilustrasi (stutterstock)

SEJUMLAH tempat wisata mulai buka kembali meski kondisi masih pandemi Covid-19. Ini tentu saja jadi kabar gembira, terutama buat yang hobi traveling. Sudah beberapa bulan bekerja dari rumah karena wabah virus corona, jadi pasti pengen liburan dan jalan-jalan lagi kan.

Selain untuk refreshing dan mengurangi kejenuhan dari aktivitas rutin atau work from home yang menjenuhkan, banyak sekali aktivitas seru yang bisa dilakukan saat liburan. Satu hal yang tidak boleh dilupakan saat liburan adalah mendokumetasikannya.

Baca juga: Mengubah Persepsi Muslimah di Sampul Majalah

Sangat menyenangkan jika berpergian ke daerah atau negara yang belum pernah dikunjungi, memiliki sebuah kenangan yang bergambar tentang perjalanan yang sudah dilewati untuk bernostalgia di masa depan.

Nah, buat para traveller muslim yang hobi fotografi, agar perjalananmu sempurna, perhatikan tiga tips ini seperti dikutip dari Halal Zilla, Kamis (15/7/2020), sebagai berikut:

1. Kenali kamera dan lensa

Saat berpergian hal yang utama adalah memilih kamera ideal. Jika sedang mencari kamera, kamu dapat berjalan-jalan ke toko kamera serta bertanya. Demikian pula dengan lensa, pastikan bawa sesuai kebutuhan. Buatlah perencenaan kecil-kecilan apa kira-kira yang ingin kamu potret nanti. Dengan begitu, kamu tak perlu bawa banyak lensa yang justru bikin ribet menjaganya selama perjalanan nanti.

2. Ramah dan jangan malu bertanya pada penduduk setempat

Foto yang menarik adalah foto yang tidak sering dilihat. Kadang-kadang saat memasuki daerah yang asing, sering merasa segan bahkan takut untuk memotret penduduknya, apalagi jika masyarakat terkesan kurang ramah.

Solusinya adalah memberanikan diri dulu dan bersikap ramahlah dengan penduduk sekitar. Kamu jangan malu bertanya, bisa dimulai dengan menanyakan hal-hal unik yang kamu lihat di situ. Tapi, pastikan tetap sopan, jangan sampai pertanyaan atau sikapmu menyinggung orang setempat.

Baca juga: Bergaya bak Samurai, Felix Siauw Bicara soal Haters

Jika balasan atau tanggapannya baik dari penduduk setempat, ini jadi kabar baik karena kamu bisa mengabadikan keindahaan atau keunikan dari kawasan itu. Jangan lupa berterima kasih.

3. Keamanan adalah prioritas

Bukan suatu hal yang lumrah jika pencopet maupun pencuri lokal mentargetkan orang asing maupun wistawan. Maka dari itu, kamu harus selalu menjaga barang-barang yang kamu bawa dengan aman. Kamera merupakan suatu benda kecil namun harganya lumayan mahal dan mudah disambar jika tidak melakukan pencegahan. Jika kamu memutuskan untuk tidak membawanya, pastikan untuk tetap menguncinya di brankas hotel yang kamu singgahi.

(sal)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini