World Snake Day, Begini Ajaran Rasulullah Memperlakukan Ular

Novie Fauziah, Jurnalis · Kamis 16 Juli 2020 20:16 WIB
https: img.okezone.com content 2020 07 16 614 2247601 world-snake-day-begini-ajaran-rasulullah-memperlakukan-ular-PWgYHTIAAe.jpg ilustrasi (stutterstock)

TIAP 16 Juli, pecinta ular memperingati HARI Ular Sedunia atau World Snake Day, yang tujuannya untuk menyatukan tekat menjaga lingkungan dan kelangsungan hidup satwa melata itu dari ancaman kepunahan.

Ular sering dianggap binatang berbahaya sehingga kehadirannya sering mengganggu dan kerap dibunuh. Belum lagi ancaman perburuan untuk diambil kulitnya.

Nah, ternyata Islam mengajarkan adab bagaimana memperlakukan ular. Nabi Muhamamd SAW dalam hadistnya menjelaskan sikap saat berhadapan dengan ular.

Baca juga: Imutnya Hana Hanifah Berbalut Abaya hingga Pashmina

Wakil Ketua Majelis Dakwah dan Pendidikan Islam (Madani) Ustadz Ainul Yaqin mengatakan, kehadiran ular di lingkungan kita harus dilihat asal usul atau asbabul nuzulnya.

"Setidaknya ada dua macam kondisi ular yang disebutkan dalam beberapa riwayat hadits, yakni ular yang posisinya di luar rumah dan ular yang berada di dalam rumah," katanya beberapa waktu lalu.

Lalu, bolehkah membunuh ular?

Dari Abu Sa’id al-Khudri RA, Rasûlullâh SAW pernah bersabda:

إِنَّ لِهَذِهِ الْبُيُوتِ عَوَامِرَ، فَإِذَا رَأَيْتُمْ شَيْئًا مِنْهَا فَحَرِّجُوا عَلَيْهَا ثَلَاثًا، فَإِنْ ذَهَبَ، وَإِلَّا فَاقْتُلُوهُ، فَإِنَّهُ كَافِرٌ

Artinya: "Sesungguhnya di rumah-rumah ada ular-ular yang berada di rumah-rumah. Apabila kalian melihat satu dari mereka, maka buatlah peringatan padanya tiga kali. Apabila pergi, maka biarkan dan bila tidak mau pergi maka bunuhlah, karena dia itu kafir" (HR Muslim no. 2236).

Hadist di atas menjelaskan, jangan langsung membunuh ular. Artinya usirlah dulu menjauh dari kita. Jika sudah tidak mempan dan membahayakan, maka saat itulah kita harus membunuhnya.

Ustadz Ainul Yaqin mengatakan, seorang muslim harus tetap berhati-hati dan menghargai ular. Sebab pada dasarnya, hewan ini merupakan makhluk hidup ciptaan Allah SWT.

"Kita juga harus menghargai bahwa tidak ada sesuatu ciptaan Allah SWT yang tidak ada manfaatnya, walaupun juga berbahaya, sebab banyak juga ular yang tidak berbisa dan tidak berbahaya," katanya.

Oleh karena itu, sebagai seorang muslim dianjurkan berdoa kepada Allah agar diberi perlindungan ketika melihat ular berbisa dan takut terkena gigitannya.

ﺃَﻋُﻮْﺫُ ﺑِﻜَﻠِﻤَﺎﺕِ ﺍﻟﻠﻪِ ﺍﻟﺘَّﺎﻣَّﺎﺕِ ﻣِﻦْ ﺷَﺮِّ ﻣَﺎ ﺧَﻠَﻖَ

Artinya: “Aku berlindung dengan kalimat-kalimat Allah yang sempurna dari kejahatan makhluk."

Dengarkan Murrotal Al-Qur'an di Okezone.com, Klik Tautan Ini: https://muslim.okezone.com/alquran

(sal)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini
Adzan Shubuh Adzan Dzuhur Adzan Ashr Adzan Maghrib Adzan Isya