Benarkah Nabi Yusuf Nikahi Siti Zulaikha?

Saskia Rahma Nindita Putri, Jurnalis · Senin 20 Juli 2020 11:16 WIB
https: img.okezone.com content 2020 07 20 614 2249009 benarkah-nabi-yusuf-nikahi-siti-zulaikha-0kqrm4WlH3.JPG Ilustrasi (Foto: nu.or.id)

KISAH perjalanan hidup para nabi telah banyak menjadi teladan dan panutan dalam kehidupan kita sehari-hari. Yang tak lepas dari itu ialah kisah Nabi Yusuf 'alaihissalam dan Siti Zulaikha.

Dikisahkan bahwa akhirnya dapat bersatu dalam pernikahan, kisah ini menjadi contoh hingga tak jarang disebutkan dalam panjatan doa saat menikah oleh para ahli agama agar berjodoh layaknya Nabi Yusuf dan Siti Zulaikha.

Pimpinan Lembaga Pengembangan Dakwah dan Pondok Pesantren Al-Bahjah, Cirebon, KH Yahya Zainul Ma’arif alias Buya Yahya menceritakan sekelumit kisah hubungan Nabi Yusuf dan Zulaikha. Ia menyebut tidak ada riwayat yang menyebutkan detail pernikahan dua insan tersebut.

“Tidak ada riwayat yang shahih atau benar dari Nabi tentang pernikahan Yusuf dan Zulaikha. Yang jelas dalam Alquran hanya disebutkan Imra'atul Aziz, atau Zulaikha, yang merupakan seorang pemimpin Mesir, sempat gandrung kepada Sayyidina Yusuf karena ketampanannya. Ditemukan dari sumur setelah dibuang oleh saudara-saudaranya, lalu diambil oleh pihak kerajaan dan dibesarkan sampai tumbuh dewasa dan tampan. Terpesonalah perempuan ini,” kata Buya Yahya, dikutip dari channel YouTube Al-Bahjah TV, Senin (20/7/2020).

Karenanya, muncul keinginan buruk Zulaikha untuk melakukan kehinaan dengan Nabi Yusuf. Namun, Nabi Yusuf dijaga oleh Allah Subhanahu wa Ta'ala dan dengan tangguh menolak ajakan maksiat tersebut. Bahkan Nabi Yusuf memilih untuk dipenjara karena menurutnya itulah yang jauh lebih baik daripada harus melakukan sebuah perilaku dosa tersebut.

Dikisahkan setelah beberapa tahun, Nabi Yusuf akhirnya bebas dari penjara. Berakhir pula kisah Al Aziz Sang Raja Mesir karena meninggal dunia, lalu langsung digantikan oleh Nabi Yusuf yang naik takhta.

Baca juga: Baca Sholawat Ini Sekali Seumur Hidup, Dijamin Dapat Syafaat Rasulullah

Hingga pada suatu ketika di musim paceklik, para saudara Nabi Yusuf mendatanginya untuk meminta makanan. Nabi Yusuf menerima kedatangan mereka dengan lapang dada meski pernah dijahati beberapa tahun silam. Inilah akhlak mulia seorang nabi.

Terkait kisah pernikahan Nabi Yusuf dan Zulaikha, memang tidak disebutkan dalam Alquran maupun hadits, namun diceritakan oleh para ahli tafsir.

“Dalam riwayat shahih dan Alquran hanya diceritakan jelas tentang Zulaikha yang mengganggu Yusuf, Yusuf masuk penjara, lalu naik takhta sampai menjadi raja. Selesai sampai situ,” kata Buya Yahya.

Lebih lanjut, kisah percintaan Nabi Yusuf dengan Zulaikha, sebagaimana diceritakan oleh para ahli tafsir seperti Imam Thabari dan Imam Suyuti, bahwasanya Siti Zulaikha begitu mencintai Nabi Yusuf hingga rasa cintanya yang begitu dalam. Ketika Nabi Yusuf dipenjara, ia bahkan tak berhenti menangis hingga dikisahkan matanya buta dan kulitnya nampak menua.

Lalu ketika Nabi Yusuf telah naik tahta dan menjadi raja, ditanyakan oleh seseorang mengenai apakah ia mengetahui wanita tua yang ada di hadapannya. Lalu di situlah sang wanita tua menjawab bahwa ialah yang merawat Nabi Yusuf selama 11 tahun, yang menyebabkannya masuk penjara. Mengakulah wanita itu bahwa ialah Imra’atul Aziz, Zulaikha.

Mengetahui hal itu, menurut kisah tafsir, Nabi Yusuf menikahinya untuk membalas budi baik Zulaikha, lalu seketika wanita yang sudah lama taubat kepada Allah itu diberkahi sebuah keajaiban karena seketika penampilannya berubah menjadi muda kembali.

“Ini cerita bukan dari hadits Nabi atau Alquran, ini namanya Israiliyat, atau cerita yang dinukil dari kisah masyarakat Bani Israil,” ungkap Buya.

Dengarkan Murrotal Al-Qur'an di Okezone.com, Klik Tautan Ini: https://muslim.okezone.com/alquran

“Kaidahnya sederhana, Nabi sudah memberi rambu-rambu. Boleh kok ambil kisah dari Bani Israil, dan itu tidak apa-apa, asalkan tidak bertentangan dengan syariat Nabi Shallallahu 'alaihi wasallam,” terang pendakwah kelahiran Blitar ini.

Kisah Israiliyat dari para ahli tafsir ini lanjut Buya Yahya, diyakini bukanlah suatu masalah. Buya mengatakan, bahwa kisah Nabi Yusuf dengan menikah atau tidak menikah bersama Zulaikha tidak ada hubungannya dengan akidah dan iman seorang umat saat ini.

Kisah pernikahan Nabi Yusuf dan Zulaikha tidak didasari suatu hal yang buruk. Sebagaimana dalam kisahnya disebutkan bahwa Zulaikha telah bertobat, dan Nabi Yusuf pun tidak melakukan zina, termasuk kisah sebelumnya saat Zulaikha berusaha menggoda Yusuf, keduanya sama sekali tidak terlibat hubungan maksiat.

“Maka, yang mengatakan sudah menikah ya tidak bertentangan. Dan bagi yang mengatakan Nabi Yusuf tidak menikah karena tidak menerima kisah dari Bani Israil juga bukanlah suatu hal yang terlarang," tutupnya.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini
Adzan Shubuh Adzan Dzuhur Adzan Ashr Adzan Maghrib Adzan Isya