Lockdown Dilonggarkan, Mushola di Pusat Perbelanjaan UEA Kembali Dibuka

Hantoro, Jurnalis · Senin 20 Juli 2020 11:20 WIB
https: img.okezone.com content 2020 07 20 614 2249014 lockdown-dilonggarkan-mushola-di-pusat-perbelanjaan-uea-kembali-dibuka-VfhpDFDvWf.jpg Ilustrasi sholat. (Foto: Unsplash)

MUSHOLA di pusat perbelanjaan dan menara di Uni Emirat Arab (UEA) kembali dibuka mulai Senin 20 Juli 2020 setelah perlahan kebijakan lockdown dilonggarkan.

Krisis Darurat Nasional dan Otoritas Manajemen Bencana UEA (NCEMA) menyatakan ruang sholat di pusat perbelanjaan hanya akan tersedia untuk kapasitas tidak lebih dari 30 persen. Kemudian diikuti protokol kesehatan pencegahan virus corona (covid-19).

Baca juga: Putri Arab Saudi Terpilih Jadi Anggota Komite Olimpiade 

"Sehubungan dengan relaksasi pembatasan dalam rangka menuju kehidupan normal, kami mengumumkan pembukaan kembali ruang sholat di pusat-pusat perbelanjaan mulai Senin 20 Juli 2020. Kapasitas tidak ada lebih dari 30 persen dengan penerapan semua tindakan pencegahan," jelas NCEMA melalui akun Twitter-nya, dikutip dari Saudigazette, Senin (20/7/2020).

Pemerintah Uni Emirat Arab sendiri mendeteksi 289 kasus baru virus corona (covid-19) setelah melakukan lebih dari 46.000 tes. Jumlah ini menambah kasus yang terkonfirmasi covid-19 di UEA menjadi 56.711.

Demikian dipaparkan Kementerian Kesehatan dan Pencegahan UEA pada Sabtu lalu. Mereka menambahkan, satu orang meninggal akibat komplikasi yang disebabkan oleh covid-19.

Sebelumnya pada Rabu 1 Juli 2020, masjid-masjid di Uni Emirat Arab juga diperbolehkan buka lagi. Umat Islam di sana pun berbondong-bondong sholat di masjid pada hari pembukaan.

Panggilan sholat berjamaah melalui azan kembali berkumandang dari masjid-masjid di UEA setelah sekira tiga bulan terhenti sementara.

Para jamaah menyatakan sangat gembira ketika mendengar panggilan "hayya alas-salah" (marilah sholat). Beberapa orang bahkan menyebutnya "keajaiban".

Baca juga: Dahsyatnya Istighfar, Allah Balas dengan Kenikmatan Dunia juga Akhirat 

Warga Kota Abu Dhabi, Meraj Siddiqui, mengatakan jiwanya merasa diperbarui ketika mendengar muazin mengumandangkan azan. Ia spontan berlari menuju masjid.

"Hidup berputar dengan cepat, dan hari ini setelah lebih dari tiga bulan saya mendengar azan seakan mendapat penghiburan. Ketenangan saya rasakan ketika akan sholat di masjid," ungkapnya, sebagaimana dikutip dari Khaleejtimes.

Ilustrasi masjid. (Foto: Unsplash)

Dengarkan Murrotal Al-Qur'an di Okezone.com, Klik Tautan Ini: https://muslim.okezone.com/alquran

Sementara warga Kota Dubai, Irfan Yusuf, mengatakan bahwa ketika melangkah masuk masjid, menyadari betapa merindukan kedamaian dari menunaikan sholat.

"Saya sholat lima waktu di masjid setelah jeda yang panjang ini. Cinta saya untuk sholat di masjid meningkat dua kali lipat," ucapnya.

Baca juga: Khotbah Wukuf di Arafah Disiarkan dalam 5 Bahasa, Termasuk Indonesia 

Ilustrasi sholat. (Foto: Istimewa)

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini
Adzan Shubuh Adzan Dzuhur Adzan Ashr Adzan Maghrib Adzan Isya