Kiswah Kakbah Diangkat Penanda Musim Haji Dimulai

Novie Fauziah, Jurnalis · Rabu 22 Juli 2020 11:26 WIB
https: img.okezone.com content 2020 07 22 614 2250210 kiswah-kakbah-diangkat-penanda-musim-haji-dimulai-uih8Zx6WNO.jpg Kain Kiswah penutup Kakbah sedang dibersihkan (Foto: Reuters)

MEMASUKI bulan Dzulhijjah 1441 Hijriah, otoritas Kota Makkah mengangkat bagian bawah kiswah atau kain penutup Kakbah.

Selain itu pengangkatan kain kiswah ini sekaligus simbol penyambutan kepada para jamaah haji, tahun ini akan menunaikan ibadah haji meski dalam kapasitas terbatas imbas pandemi virus corona atau Covid-19.

Dilansir dari laman Al Arabiya, Rabu, (22/7/2020), proses pengangkatan bagian bawah kain kiswah dilakukan pada menit-menit pertama memasuki bulan Dzulhijjah 1441 Hijriah.

Untuk diketahui, kain kiswah Kakbah ini terbuat dari 670 kilogram kain sutera berwarna hitam, 120 kilogram benang emas, dan 100 kilogram benang perak. Benang-benang tersebut untuk mengukir juga menjahit ayat-ayat suci Alquran.

Baca juga: Masjidil Haram Ditutup untuk Umum saat Hari Arafah dan Idul Adha

Selain itu, pihak berwenang di Makkah telah mempersiapkan beberapa protokol kesehatan dan keselamatan dalam persiapan untuk menyambut haji dengan jumlah terbatas, mengingat virus corona masih mewabah di Tanah Suci.

Pihak berwenang mengonfirmasi, bahwa mereka telah membatasi jumlah jamaah haji tahun ini menjadi 10 ribu orang sesuai dengan keamanan, yakni terkait pandemi Covid-19 yang masih mewabah.

Sebelumnya, Asisten komandan pasukan keamanan haji untuk Masjidil Haram, Mayjen Mohammed Bin Wasl Al-Ahmadi mengatakan, rencana keamanan untuk ibadah haji pada tahun ini akan berfokus kepada aspek organisasi, keamanan, kemanusiaan dan kesehatan.

Dengarkan Murrotal Al-Qur'an di Okezone.com, Klik Tautan Ini: https://muslim.okezone.com/alquran

"Mekanisme baru ini telah dibuat untuk mengontrol masuk dan keluarnya jamaah haji ke dalam Masjidil Haram, serta memastikan adanya physical distancing atau penerapan jarak sosial antar jamaah," ujar Al-Ahmadi.

Kawasan Masjidil Haram pun akan ditutup untuk umum di hari Arafah dan Idul Adha. Hal ini dikarenakan sebagai bagian dari tindakan pencegahan penyebaran pandemi Covid-19.

“Penangguhan sholat di Masjidil Haram dan bangunan luarnya akan berlanjut. Kami meminta masyarakat Makkah untuk berbuka puasa pada hari Arafah di rumah mereka," kata dia dilansir dari laman Saudigazatte.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini
Adzan Shubuh Adzan Dzuhur Adzan Ashr Adzan Maghrib Adzan Isya