Baim Wong Takut Setelah Dengar Ceramah UAS, Kok Bisa?

Novie Fauziah, Jurnalis · Rabu 22 Juli 2020 13:45 WIB
https: img.okezone.com content 2020 07 22 614 2250300 baim-wong-takut-setelah-dengar-ceramah-uas-kok-bisa-ljpcdNXQFE.JPG Baim Wong (Foto: Okezone.com)

PESINETRON Indonesia, Baim Wong mengunggah video ceramah dai kondang Ustadz Abdul Somad (UAS) yang menjelaskan tentang hukum bagi para YouTuber yang menjadikan sedekah sebagai kontennya.

Dalam video berdurasi 1:50 menit itu, UAS mengatakan hukum dasar muamalah dalam Islam berbeda dengan hukum dasar ibadah.

"Hukum dasar muamalah dalam interaksi sosial dalam Islam boleh, mubah. Segala aktivitas kita ini hukum asalnya mubah. Kapan akan menjadi haram? Ketika ada unsur yang akan menjatuhkan dia kepada haram," ujar UAS seperti dikutip dari akun Instagram @baimwong, Rabu (22/7/2020).

Baca juga: Viral Foto Sajadah Jadul Ternyata Gambarnya Masjidil Haram dan Hagia Sophia

UAS melanjutkan, sesuatu yang dimaksud dengan haram yaitu ada unsur tipu di dalamnya. Apabila ada unsur tersebut, maka bisa jadi konten yang dilakukan oleh YouTuber dapat merugikan sebagian pihak.

Namun, jika tidak ada unsur penipuan, maka hal tersebut dapat menjadi motivasi bagi umat.

Postingan Baim Wong

"Tapi kalau ada YouTuber yang isinya baik, lalu kemudian hasilnya membantu orang susah kemudian tidak ada unsur tipu, tidak ada unsur menganiaya orang lain di dalamnya, ada unsur tolong menolong dalam kebaikan dan ketakwaan (maka dibolehkan)," tuturnya.

Mendengar pernyataan UAS, Baim Wong masih merasa takut dengan tentang apa yang dilakukannya. Sebab ia sendiri belum merasa yakin, kontennya tersebut benar atau tidak.

"Insya Allah semua kembali pada Allah. Sebenarnya sekarang pun saya masih takut, apa yang saya lakukan itu. Apakah sudah benar atau belum, tetapi lebih baik saya memiliki perasaan takut ini daripada merasa diri saya sudah benar," kata Baim di unggahan videonya tersebut.

Dengarkan Murrotal Al-Qur'an di Okezone.com, Klik Tautan Ini: https://muslim.okezone.com/alquran

(put)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini
Adzan Shubuh Adzan Dzuhur Adzan Ashr Adzan Maghrib Adzan Isya