Yuk Tunaikan Sholat Fajar, 4 Keutamaan Besar Menanti

Yudistira, Jurnalis · Kamis 23 Juli 2020 08:42 WIB
https: img.okezone.com content 2020 07 23 614 2250741 yuk-tunaikan-sholat-fajar-4-keutamaan-besar-menanti-D1em7KZgMk.jpg Ilustrasi sholat. (Foto: Unsplash)

DALAM ajaran agama Islam, sholat lima waktu merupakan kewajiban setiap Muslim dan menjadi rukun Islam kedua. Sholat membedakan seorang Muslim dengan non-Muslim. Selain itu, sholat menjadi sarana memohon kepada Allah Subhanahu wa ta'ala dan mencari Ridha-Nya.

Allah Subhanahu wa ta'ala berfirman:

إِنَّ ٱلَّذِينَ ءَامَنُوا۟ وَعَمِلُوا۟ ٱلصَّٰلِحَٰتِ وَأَقَامُوا۟ ٱلصَّلَوٰةَ وَءَاتَوُا۟ ٱلزَّكَوٰةَ لَهُمْ أَجْرُهُمْ عِندَ رَبِّهِمْ وَلَا خَوْفٌ عَلَيْهِمْ وَلَا هُمْ يَحْزَنُونَ

Innallażīna āmanụ wa 'amiluṣ-ṣāliḥāti wa aqāmuṣ-ṣalāta wa ātawuz-zakāta lahum ajruhum 'inda rabbihim, wa lā khaufun 'alaihim wa lā hum yaḥzanụn

Artinya: "Sesungguhnya orang-orang yang beriman mengerjakan amal salih, mendirikan sholat dan menunaikan zakat, mereka mendapat pahala di sisi Tuhannya. Tidak ada kekhawatiran terhadap mereka dan tidak (pula) mereka bersedih hati." (QS Al Baqarah: 277)

Baca juga: Rasakan Kenikmatan Surga, Nabi Idris Enggan Keluar 

Dari ayat tersebut jelaslah bahwa sholat adalah kewajiban bagi setiap Muslim yang harus dilakukan tanpa alasan.

Umat Islam memiliki sholat wajib lima waktu untuk diamalkan setiap hari. Waktu sholat berdasarkan posisi matahari.

Awal dari sholat lima waktu adalah pada waktu subuh. Sholat Subuh juga biasanya disebut Sholat Fajar, yaitu sholat ketika munculnya fajar sidiq hingga terbit matahari.

Sholat pada waktu fajar adalah sholat dua rakaat sebelum subuh atau biasa kita sebut sholat sunah fajar dan Sholat Subuh.

Dikutip dari Quranreading, Kamis (23/7/2020), Sholat Fajar memiliki banyak keutamaan. Salah satunya mendapat rahmat dari Allah Subhanahu wa ta'ala di dunia dan akhirat.

Nabi Muhammad Shallallahu alaihi wa sallam dalam salah satu hadisnya menjelaskan keutamaan Sholat Fajar, yakni:

1. Diselamatkan dari api neraka

"Siapa pun yang melakukan sholat sebelum matahari terbit dan sholat sebelum terbenamnya tidak akan masuk neraka." (HR Muslim)

Hadis ini dengan jelas menyatakan bahwa umat Islam siapa pun yang melaksanakan Sholat Subuh dan Magrib tidak akan masuk neraka. Bagian yang perlu dipertimbangkan dalam hal ini adalah bahwa seseorang tidak akan masuk neraka apabila melaksanakan satu Sholat Fajr dan Maghrib. Sesorang Muslim harus mampu menjaga Sholat Fajar agar peluang masuk surga lebih besar daripada masuk neraka.

Baca juga: Idul Adha, Jangan Lupa 3 Hal Penting Ini Ya 

2. Disaksikan malaikat

Hal yang paling penting mengapa seorang Muslim harus memerhatikan Sholat Fajar atau Sholat Subuh adalah malaikat yang diturunkan oleh Allah Subhanahu wa ta'ala menyaksikan Sholat Subuh yang dilaksanakan oleh seorang Muslim.

Allah Subhanahu wa ta'ala berfirman:

"Dirikanlah sholat dari sesudah matahari tergelincir sampai gelap malam dan (dirikanlah pula sholat) subuh. Sesungguhnya Sholat Subuh itu disaksikan (oleh malaikat)." (QS Al Isra: 78)

Ayat tersebut dengan jelas mengatakan kepada umat Islam untuk mendirikan Sholat Subuh dan Magrib. Sementara menyebutkan bahwa Sholat Subuh disaksikan para malaikat.

Malaikat yang menyaksikan Sholat Fajar dipertegas dengan hadis Nabi Muhammad Shallallahu alaihi wa sallam:

"Ada malaikat yang secara bergiliran mengunjungimu pada malam dan siang hari, dan mereka semua berkumpul pada waktu subuh dan Sholat Subuh. Mereka yang telah menghabiskan malam bersamamu naik ke surga dan Tuhan mereka. Siapa yang tahu lebih baik tentang mereka, namun bertanya, 'Dalam kondisi apa kamu meninggalkan para hamba-Ku?' Mereka menjawab, 'Kami meninggalkan mereka saat mereka melakukan sholat dan kami pergi kepada mereka saat mereka melakukan sholat'." (HR Bukhari)

Dari hadis Nabi Muhammad Shallallhu alaihi wa sallam ini jelas bahwa para malaikat yang diturunkan oleh Allah Subhanahu wa ta'ala di malam hari harus kembali kepada-Nya pada pagi hari berikutnya.

Ketika mereka mencapai pengadilan Allah Subhanahu wa ta'ala dan Allah Ta'ala bertanya kepada para malaikat, maka para malaikat ini menyaksikan orang yang melakukan Sholat Subuh. Oleh karena itu, seorang Muslim harus melakukan Sholat Subuh tepat waktu sehingga para malaikat kembali untuk menyaksikan sholatnya.

Baca juga: Tips Mencegah Amarah dalam Rumah Tangga Sesuai Ajaran Islam 

Ilustrasi sholat. (Foto: Istimewa)

3. Mendapat perlindungan Allah

Satu hal yang Allah Subhanahu wa ta'ala sediakan bagi seorang Muslim tanpa meminta adalah perlindungan-Nya. Sebagaimana dikatakan Nabi Muhammad Shallallahu alaihi wa sallam dalam sebuah hadis:

"Siapa pun yang Sholat Subuh, kemudian dia berada di bawah perlindungan Allah. Maka waspadalah, wahai putra atau putri Adam, bahwa Allah tidak memanggil kamu untuk mempertanggungjawabkan perlindungan-Nya karena alasan apa pun." (HR Muslim)

"Barang siapa yang Sholat Subuh maka dia berada dalam jaminan Allah. Oleh karena itu jangan sampai Allah menuntut sesuatu kepada kalian dari jaminan-Nya. Karena siapa yang Allah menuntutnya dengan sesuatu dari jaminan-Nya, maka Allah pasti akan menemukannya, dan akan menelungkupkannya di atas wajahnya dalam neraka jahanam." (HR Muslim Nomor 163)

Dari hadis itu jelas bahwa orang yang Sholat Subuh secara langsung di bawah perlindungan Allah Subhanahu wa ta'ala. Oleh karena itu, jika seorang Muslim ingin menghabiskan hari dengan cara di mana dia tidak perlu takut kepada siapa pun, maka melaksanakan Sholat Subuh adalah cara untuk melakukannya pada awal hari.

Baca juga: Ini Bacaan dan Keutamaan Salawat Munjiyat 

4. Sholat sunah subuh lebih baik dari dunia dan isinya

Sholat sunah subuh memiliki keutamaan lebih baik dari dunia dan isinya. Hal ini sesuai dengan apa yang disabdakan Nabi Muhammad Shallallahu alaihi wa sallam.

Baca juga: 3 Tempat yang Membuat Doa Mustahil Menjadi Terkabul 

Ilustrasi sholat. (Foto: Freepik)

Rasulullah selalu melakukan sholat ini sebelum Sholat Subuh. Dari semua keistimewaan sholat sunah, tidak ada yang setara dengan keistimewaan sholat sunah fajar.

Nabi Muhammad Shallallahu alaihi wa sallam mengatakan dalam sebuah hadis, "Dua rakaat sholat sunah sebelum Sholat Subuh lebih baik dari dunia dan seisinya." (HR Tirmidzi)

Hadis tersebut smenekankan pentingnya sholat sunah sebelum subuh. Selain itu, hal yang dapat disimpulkan dari hadis ini bahwa jika sholat sunah fajar memiliki keistemewaan maka sholat wajib subuh lebih besar.

Wallahu a'lam.

Baca juga: Nabi Idris, Orang Pertama Bisa Baca-Tulis juga Kuasai Ilmu Perbintangan 

1
3

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini