Mengenal Gli si Kucing Menggemaskan Penjaga Hagia Sophia

Muhammad Hafizh Arya Pradana, Jurnalis · Sabtu 25 Juli 2020 15:04 WIB
https: img.okezone.com content 2020 07 25 614 2251986 mengenal-gli-si-kucing-menggemaskan-penjaga-hagia-sophia-fgWGwUPwYN.jpg Gli si kucing penghuni Hagia Sophia. (Foto: Instagram @hagiasophiacat)

SIAPA yang tidak suka dengan hewan menggemaskan kucing. Kucing juga merupakan hewan kesayangan Nabi Muhammad Shallallahu alaihi wa sallam.

Kucing yang dipelihara Rasulullah Shallallahu alaihi wa sallam bernama Muezza. Beliau juga mengingatkan kepada para sahabat untuk menyayangi kucing layaknya keluarga sendiri.

Baca juga: Sholat Jumat di Hagia Sophia Membeludak, Jamaah Antre Sejak Subuh 

Namun tahukah kalian bahwa di bangunan bersejarah Hagia Sophia di Kota Istanbul, Turki, dihuni sekaligus dijaga oleh seekor kucing?

Kucing yang tinggal di Aya Sophia ini bernama Gli yang artinya 'Cinta yang menyatu'. Arkeolog bernama Defne Bali, yang sudah lama bekerja di Hagia Sophia, telah menjadi ibu bagi Gli, tepatnya sejak 2004.

Hagia Sophia. (Foto: Shutterstock)

Dengan bulu lebat berwarna coklat hitam dan matanya yang menyala berwarna hijau, menambah kegemasan saat bertemu dengan Gli.

Gli punya satu saudara laki-laki yakni Pati dan seorang saudara perempuan Kızım. Ibu yang melahirkannya adalah Sofi. Sayangnya, saudara laki-lakinya Pati sudah meninggal.

Salah satu petugas di Hagia Sophia yakni Bilgen Deveci awalnya memilih nama Gri (dalam bahasa Inggris artinya 'Abu-abu'), namun karena kelucuan dan mata sipit kucing tersebut akhirnya dinamai Gli.

Baca juga: Allahuakbar Menggema ketika Sholat Jumat di Hagia Sophia Setelah 86 Tahun 

Ia juga memilih nama Kızım untuk saudara perempuan Gli. Ketika dia masih kecil, Kızım pergi di bawah salah satu maksures di Hagia Sophia dan diam di sana untuk sementara waktu. "Kami menyelamatkannya kemudian karena dia terus mengeong, namun selama dua tahun terakhir dia tampak selalu tenang," Bilgen Deveci, dikutip dari Hagia Sophia Turkey, Sabtu (25/7/2020).

Gli hanya memiliki satu anak kucing sepanjang hidupnya. Seekor kucing hitam legam cantik bernama Karakız yang mengalami kecelakaan karena tertabrak bus tur. Dia sementara tinggal di dokter hewan karena punggungnya patah.

Gli si kucing penjaga Hagia Sophia. (Foto: Instagram @hagiasophiacat)

Gli menjadi populer ketika Presiden Turki Recepp Tayyip Erdogan dan kemudian Barack Obama membelainya. Saat ini Gli tetap menjadi primadona bagi para pencinta kucing yang banyak mengunjungi Hagia Sophia karena baru saja dikembalikan menjadi masjid.

Saat masih belia, Gli sering berburu burung di halaman Hagia Sophia. Karena usianya dan matanya yang sudah tidak mungkin membantunya untuk berlarian ke sana-kemari, maka Gli hanya bisa berjalan kecil. Ia pun sering dicari-cari pencinta kucing untuk berfoto bersama.

Baca juga: Sholat Jumat Digelar di Hagia Sophia, Artis Tanah Air Turut Gembira 

Gli si kucing penjaga Hagia Sophia. (Foto: Instagram @hagiasophiacat)

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini