Sholat Jumat di Hagia Sophia Membeludak, Jamaah Antre Sejak Subuh

Jum'at 24 Juli 2020 17:53 WIB
https: img.okezone.com content 2020 07 24 614 2251601 sholat-jumat-di-hagia-sophia-membeludak-jamaah-antre-sejak-subuh-DctGJSelBo.jpg Hagia Sophia. (Foto: Unsplash)

SHOLAT Jumat perdana di bangunan bersejarah Hagia Sophia di Kota Istanbul, Turki, digelar hari ini, Jumat 24 Juli 2020. Pintu disedianya dibuka pada pukul 10.00 TRT (waktu Turki) atau sekira 14.00 WIB. Tapi karena jamaah membeludak, petugas lebih awal membukanya menjadi pukul 09.00 TRT.

Mengutip laporan Sindonews yang berada di lokasi, Jumat (24/7/2020), Sholat Jumat perdana di Hagia Sophia akan dilaksanakan terbuka untuk laki-laki dan perempuan.

Baca juga: Erdogan Undang Pemimpin Dunia Sholat Jumat Perdana di Hagia Sophia 

Tampak jamaah telah menunggu sejak subuh untuk masuk Hagia Sophia. Bahkan mereka menginap di jalan dan menumpuk di pintu masuk lapangan Hagia Sophia yang dibatasi ketat pagar pembatas.

Mereka mengucapkan takbir dan sholawat secara berjamaah. Guna mencegah kerumunan lebih besar, pihak penyenggara membuka pintu lapangan Hagia Sophia lebih awal 1 jam dari rencana.

Berdasarkan pantauan langsung, lapangan Hagia Sophia sudah penuh oleh jamaah, sehingga area lain dibuka.

Hagia Sophia. (Foto: Istimewa)

Para jamaah duduk di lapangan dengan physical distancing sesuai protokol kesehatan pencegahan virus corona (covid-19) yang diberlakukan secara ketat. Sesekali mereka berdiri mengumandangkan takbir dan berteriak, "dengan zikir, Hagia Sophia kami dibuka."

Sebagaimana diberitakan, Pemerintah Turki mengundang sejumlah pemimpin dari berbagai negara untuk hadir dalam Sholat Jumat perdana di Hagia Sophia.

Kepala Direktorat Agama Turki Ali Erba menjadi imam Sholat Jumat perdana di Hagia Sophia. Sholat Jumat digelar dengan protokol kesehatan ketat untuk mencegah persebaran virus corona (covid-19).

Para jamaah diwajibkan memakai masker, hand sanitizer, serta sajadah dibagikan kepada seluruh jamaah saat tiba untuk Sholat Jumat di Hagia Sophia.

Baca juga: Saksikan Sholat Jumat Perdana di Hagia Sophia live di iNews 

Seperti dilaporkan Hurriyet Daily News, Presiden Turki Recep Tayyip Erdogan hadir dalam Sholat Jumat perdana bersama pemimpin Partai Gerakan Nasionalis (MHP) Devlet Bahceli, wakil, anggota Partai Keadilan dan Pembangunan (AKP) yang berkuasa, serta para menteri.

Pemimpin negara lain yang hadir untuk Sholat Jumat di Hagia Sophia di antaranya Presiden Azerbaijan dan Qatar.

Dengarkan Murrotal Al-Qur'an di Okezone.com, Klik Tautan Ini: https://muslim.okezone.com/alquran

Erdogan berkunjung ke Hagia Sofia pada 19 Juli 2020, sebelum sholat pertama kembali digelar di sana. Ia juga mengawasi langsung proses perubahan status bangunan Hagia Sophia dari museum menjadi masjid.

Selama sholat berlangsung, mosaik dan lukisan di Hagia Sophia ditutupi tirai. Mekanisme tirai yang dipasang di sana serupa dengan yang digunakan dalam industri perfilman.

"Tidak ada satu pun paku yang digunakan saat memasang sistem tersebut," jelas pihak pengelola gedung.

Baca juga: Mengenal Ferruh Mustuer, Imam Sholat Jumat Perdana di Hagia Sophia 

Hagia Sophia. (Foto: Istimewa)

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini
Adzan Shubuh Adzan Dzuhur Adzan Ashr Adzan Maghrib Adzan Isya