Erdogan Undang Pemimpin Dunia Sholat Jumat Perdana di Hagia Sophia

Rizka Diputra, Jurnalis · Jum'at 24 Juli 2020 07:18 WIB
https: img.okezone.com content 2020 07 24 614 2251298 erdogan-undang-pemimpin-dunia-sholat-jumat-perdana-di-hagia-sophia-qL71uNeoTs.JPG Presiden Turki, Recep Tayyip Erdogan (Foto: Reuters)

SHOLAT Jumat perdana akan digelar di Hagia Sophia hari ini, Jumat (24/7/2020). Pemerintah Turki mengundang para pemimpin dari sejumlah negara untuk hadir dalam Sholat Jumat perdana ini. Sekira 1.000-1.500 orang diprediksi hadir dalam Sholat Jumat perdana tersebut.

Kepala Direktorat Agama Turki, Ali Erba didapuk menjadi imam dalam Sholat Jumat perdana di Hagia Sophia. Hagia Sophia atau Aya Sophia merupakan bangunan bersejarah berusia hampir 1.500 tahun yang dulunya berfungsi sebagai Katedral terbesar di dunia sebelum akhirnya diubah menjadi masjid.

Sholat Jumat nantinya akan digelar dengan mematuhi protokol kesehatan ketat sebagai bentuk pencegahan penularan virus corona atau Covid-19. Para jamaah diwajibkan mengenakan masker, hand sanitizer serta sajadah akan dibagikan kepada seluruh jamaah saat tiba di Hagia Sophia, Kota Istanbul.

Baca juga: Hari Ini, Umat Islam Sholat Jumat Perdana di Hagia Sophia

Mengutip dari laman Hurriyet Daily News, Presiden Turki, Recep Tayyip Erdogan juga akan hadir pada Sholat Jumat bersama pemimpin partai gerakan nasionalis (MHP) Devlet Bahceli, wakil dan anggota partai keadilan dan pembangunan (AKP) yang berkuasa berikut sejumlah menteri.

Berbagai mosaik dan lukisan di Hagia Sophia akan ditutupi oleh tirai selama pelaksanaan Sholat Jumat. Mekanisme tirai yang dipasang di sana serupa dengan yang digunakan dalam industri perfilman.

“Tidak ada satu pun paku yang digunakan saat memasang sistem tersebut,” ujar pihak pengelola gedung.

Sementara itu, panel sectus omphalion opus akan dibiarkan di bawah sajadah yang akan ditempatkan untuk sholat.

Sedangkan sajadah yang akan digunakan di Hagia Sophia merupakan buatan pabrik asal Provinsi Manisa barat. Sajadah tersebut berbahan 100 persen wol asli dengan membawa motif era Ottoman abad ke-17.

Dengarkan Murrotal Al-Qur'an di Okezone.com, Klik Tautan Ini: https://muslim.okezone.com/alquran

(put)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini
Adzan Shubuh Adzan Dzuhur Adzan Ashr Adzan Maghrib Adzan Isya