Ingat! Daging Kurban Dilarang Dibungkus Kantong Plastik

Senin 27 Juli 2020 17:57 WIB
https: img.okezone.com content 2020 07 27 614 2252892 ingat-daging-kurban-dilarang-dibungkus-kantong-plastik-i0RiWCqg96.jpg Ilustrasi (Foto: Okezone.com)

MENJELANG hari raya Idul Adha 1441 Hijriah, Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (LHK) melalui Direktorat Jenderal (Ditjen) Pengelolaan Sampah, Limbah dan Bahan Beracun Berbahaya (B3) mengeluarkan surat edaran tentang pengelolaan sampah kegiatan kurban.

“Surat Edaran Ditjen Pengelolaan Sampah, Limbah dan B3 tersebut menitikberatkan pada pelaksanaan hari raya Idul Adha tanpa sampah plastik,” ujar Kabid Panaatan dan Peningkatan Kapasitas Lingkungan Hidup Dinas Perumahan Kawasan Pemukiman dan Lingkungan Hidup (Disperkimlh) Kebumen, Tri Mulyono, melansir laman KRjogja, Senin (27/7/2020).

Menurut dia, dalam edaran tersebut disebutkan untuk tidak menggunakan kantong plastik sekali pakai untuk membungkus daging kurban, terlebih jika plastik itu berwarna hitam karena bersifat karsinogenik.

Baca juga: Sudah Mampu tapi Tak Mau Berkurban, Apa Sih Hukumnya?

“Penegasan agar kantong plastik tak digunakan dalam pelaksanaan kurban Idul Adha tentu dengan alasan yang cukup prinsip. Selain karena alasan kesehatan, tentu karena untuk kepentingan lingkungan,” terangnya.

Tri menjelaskan, kantong plastik sangat tidak ramah lingkungan, selain sulit membusuk, plastik juga bisa berserakan dimana-mana bahkan bisa terpapar hingga ke laut dan bisa merusak ekosistem di laut.

Adapun alternatif penggunaan wadah daging kurban yang dianjurkan sebagai pengganti kantong plastik di antaranya wadah yang terbuat dari anyaman bambu, daun pisang, daun jati, kotak kardus ataupun wadah berbahan organik lainnya.

“Diharapkan juga panitia menyediakan tempat sampah terpilah, dilakukan pengelolaan limbah darah dan kotoran hewan kurban secara baik dan benar. Juga, dilakukannya aktifitas yang sesuai dengan protokol kesehatan Covid-19,” tandasnya.

Dengarkan Murrotal Al-Qur'an di Okezone.com, Klik Tautan Ini: https://muslim.okezone.com/alquran

(put)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini
Adzan Shubuh Adzan Dzuhur Adzan Ashr Adzan Maghrib Adzan Isya