Sains Membuktikan Kebenaran Alquran, Langit Dipenuhi Pintu-Pintu

Novie Fauziah, Jurnalis · Rabu 29 Juli 2020 16:45 WIB
https: img.okezone.com content 2020 07 29 614 2254042 sains-membuktikan-kebenaran-alquran-langit-dipenuhi-pintu-pintu-aPbhJUybDg.jpg Ilustrasi luar angkasa (Huffingtonpost)

SELURUH alam semesta adalah cipataan Allah Subhanahu wa ta’ala, termasuk langit yang tak terkira luasnya merupakan bagian dari kekuasaanNya. Pernahkah mendengar pintu langit? Ya hal tersebut memang ada, dan tertulis di dalam Alquran.

Dikutip dari buku pintar ‘Sains dalam Alquran Mengerti Mukjizat Ilmiah Firman Allah’ karya Dr. Nadiah Thayyarah, langit dipenuhi pintu-pintu yang tak terkira jumlahnya. Allah Subhanahu wa ta’ala berfirman:

Walau fataḥnā 'alaihim bābam minas-samā`i fa ẓallụ fīhi ya'rujụn. Laqālū innamā sukkirat abṣārunā bal naḥnu qaumum mas-ḥụrụn.

 

Artinya: “Dan, kalau Kami bukakan kepada mereka salah satu pintu langit, lalu mereka terus-menerus naik ke atasnya, tentulah mereka berkata, ‘Sesungguhnya, pandagan kamilah yang dikaburkan, bahkan kami adalah orang yang terkena sihir.” (Al Hijr: 14-15).

Baca juga:  Wajib Tahu, Berikut 4 Hari Diharamkan Puasa pada Bulan Ini

Dua ayat di atas turun dalam membicarakan sikap keras kepala orang-orang kafir Quraisy, yakni untuk menentang dan mendustakan ajaran-ajaran dan petunjuk-petunjuk yang dibawa Rasulullah shalallahu alaihi wassalam.

Dua ayat tersebut menggambarkan, corak penentangan dan sikap keras kepala para pengikut kebatilan dalam menghadapi kebenaran. Misalkan Allah membukakan pintu langit untuk mereka, dan membantunya naik ke langit bersama jasadnya supaya bisa melihat keindahan ciptaan Allah dan kekuasaanNya, niscaya mereka akan mengeluhkan penglihatan mereka, mendustakan penglihatan dan nalar mereka.

Selain itu mereka juga akan berpura-pura tidak bisa sama sekali melihat, dan dalam keadaan tersihir. Semua itu merupakan upaya mereka untuk mengingkari kebenaranNya, disebabkan oleh sikap keras kepala dan kesombongan yang terlalu besar.

Kemudian, dua ayat ini juga tergolong salah satu mukjizat terbesar di bidang astronomi. Studi-studi astronomi sejak beberapa tahun belakangan ini membuktikan, bahwa langit tidak kosong, tetapi dipenuhi oleh materi-materi.

Ada materi dalam bentuk gas, seperti hidrogen, helium, dan sedikit oksigen) nitrogen, neon, dan uap air. Ada pula sebagian materi dalam bentuk padat, dan beraneka ragam sinar, seperti sinar inframefah sinar X, dan sinar Gamma.

Semua itu semakin meyakinkan kita bahwa langit adalah bangunan yang kukuh, dipenuhi dengan materi dan energi, dan tidak mungkin diterobos kecuali dengan membuka pintu-pintunya.

Sebagaimana langit yang dipenuhi pintu-pintu yang kukuh, tingkat teratas dari atmosfer yang membungkus bola bumi juga dipenuhi oleh pintu-pintu. Oleh sebab itu, jika pesawat antariksa hendak keluar dari atmosfer, ia harus menempuh jalur tertentu dan terbatas.

Kemudian untuk mencapai itu semua harus melewati sudut dan jalur tertentu, agar selamat dari area gravitasi bumi menuju angkasa bebas. Kalau tidak begitu, pesawat akan terbakar.

Sebaliknya, apabila pesawat antariksa ingin kembali dari antariksa ke bumi, ia harus masuk melalui pintu-pintu dan jalur-jalur tertentu dalam tingkat teratas dari atmosfer. Jika tidak, ia akan tetap berada di luar angkasa atau terbakar.

Pernah hal ini terjadi pada sebuah pesawat antariksa, hampir tidak bisa mengetahui pintu yang harus ia lalui untuk memasuki atmosfer bumi. Setelah berbagai upaya, pesawat itu akhirnya berhasil menemukan pintu itu dan masuk ke dalam atmosfer bumi melalui pintu tersebut.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini