Muslim Amerika Berencana Sholat Idul Adha Secara Drive Thru

Saskia Rahma Nindita Putri, Jurnalis · Rabu 29 Juli 2020 17:16 WIB
https: img.okezone.com content 2020 07 29 614 2254067 muslim-amerika-berencana-sholat-idul-adha-secara-drive-thru-TYBVzF0SrY.JPG Sholat secara drive thru (Foto: About Islam)

TERHITUNG sudah empat bulan memasuki pandemi global Covid-19, kini umat muslim dunia akan kembali menghadapi tantangan baru yakni tentang bagaimana merayakan Idul Adha akhir bulan nanti.

Berkaca dari Idul Fitri yang lalu, pelaksanaan ibadah tak dilakukan seperti biasanya guna menghindari perkumpulan banyak orang yang memungkinkan penyebaran Covid-19 semakin meluas, meski kini beberapa masjid dilaporkan telah kembali dibuka dengan batasan dan aturan tertentu.

Sementara itu, di Massachusetts, Amerika Serikat, komunitas muslim setempat sedang mempersiapkan Sholat Idul Adha yang tepat agar tetap menjaga jarak fisik sesama jamaah. Konsep baru ditemukan yakni dengan sistem sholat drive thru.

“Kami akan meminta para jamaah untuk datang dengan mobil mereka dan parkir dengan jarak sejauh enam kaki dengan mobil lainnya,” kata seorang dokter yang juga warga muslim Massachusetts Barat, Dr. M. Saleem Bajwa, dilansir dari laman About Islam, Rabu (29/7/2020).

Baca juga: Bolehkah Menggabungkan Puasa Sunah Arafah dan Hari Kamis?

“Untuk pelaksanaan sholat berjamaah, para jamaah akan diminta berdiri di sebelah mobil mereka dengan menggelar sajadah mereka di tanah. Yang dapat berdiri berdekatan adalah anggota keluarga, selebihnya megikuti aturan jaga jarak sosial dan tidak mengizinkan adanya sosialisasi atau pembauran antar jamaah dengan alasan apapun," terangnya.

Tak hanya itu, ia menambahkan bahwa nantinya setiap mobil akan diberikan tas berisi makanan serta goody bag khusus untuk anak-anak. Sesuai rencana, ini akan diselenggarakan pada hari Jumat, mulai pukul 08.00-10.00 pagi.

Lebih lanjut, Saleem berpesan kepada seluruh keluarga muslim untuk merayakan Idul Adha ini dengan tenang dan tetap menerapkan pembatasan pertemuan fisik antar keluarga.

Dengarkan Murrotal Al-Qur'an di Okezone.com, Klik Tautan Ini: https://muslim.okezone.com/alquran

“Seluruh anggota keluarga dari masyarakat disarankan untuk mengadakan pertemuan social dan perayaan Idul Adha di rumah tetap dengan skala yang terbatas," ujar dia.

Perayaan Idul Adha yang identik dengan kurban adalah salah satu perayaan Islam yang paling besar setelah hari raya Idul Fitri. Hari besar ini bersamaan dengan hari di mana umat Islam lainnya yang melakukan perjalanan ke Makkah, Arab Saudi untuk menunaikan ibadah haji meski secara terbatas.

Baca juga: Masjid Raya Jakarta Islamic Centre Gelar Kurban dengan Cara Istimewa

Berbeda dengan tahun sebelumnya, tahun ini Arab Saudi membatasi jumlah jamaah menjadi hanya 10 ribu orang saja demi mencegah penyebaran Covid-19.

Tahun ini, telah ditetapkan bahwa Idul Adha jatuh pada tanggal 31 Juli 2020. Perayaan ini akan meliputi agenda memotong hewan kurban untuk memperingati kemuliaan dan pengorbanan besar Nabi Ibrahim alaihissalam dan putranya, Nabi Ismail alaihissalam.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini
Adzan Shubuh Adzan Dzuhur Adzan Ashr Adzan Maghrib Adzan Isya