Jamaah Haji Lakukan Tawaf dengan Menjaga Jarak 2 Meter

Hantoro, Jurnalis · Kamis 30 Juli 2020 08:14 WIB
https: img.okezone.com content 2020 07 30 614 2254290 jamaah-haji-lakukan-tawaf-dengan-menjaga-jarak-2-meter-cNiRNXJddZ.jpg Jamaah haji melakukan tawaf dengan menjaga jarak sosial. (Foto: Twitter Kementerian Haji dan Umrah Arab Saudi)

PELAKSANAAN ibadah haji 1441 hijriah/2020 masehi telah dimulai. Para jamaah pun sudah mulai melaksanakan prosesi haji. Salah satunya adalah melakukan tawaf qudum mengelilingi Kakbah.

Tawaf qudum dilakukan pada Rabu siang dengan menerapkan menjaga jarak sosial (physyical distancing) antar-jamaah haji. Hal ini sebagai penerapan langkah protokol kesehatan secara ketat di tengah pandemi virus corona (covid-19).

Baca juga: Ini Urutan Ibadah Haji 2020 di Masa Pandemi Covid-19 

Jamaah haji melakukan tawaf qudum mengelilingi Kakbah dengan mengikuti jalur yang sudah dibuat petugas. Jalur tersebut berupa garis terputus-putus yang mengelilingi Kakbah.

Tampak pula petugas membimbing para jamaah haji agar tetap berada di jalur tawaf tersebut dan selalu menjaga jarak sekira 2 meter. Banyak di antara mereka yang membawa payung karena ketika itu cuaca memang sedang panas terik.

Mengutip dari Saudigazette, Kamis (30/7/2020), Presidensi Umum untuk Urusan Dua Masjid Suci menyatakan instalasi dan jalur khusus di Masjidil Haram dibuat di mataf atau lokasi tawaf di sekitar Kakbah. Kemudian juga di mas'a atau area sai antara Safa dan Marwah.

Hal ini dibuat agar setiap kelompok jamaah haji dapat menerapkan menjaga jarak sosial sebagai bagian dari protokol kesehatan di tengah pandemi virus corona (covid-19).

Presidensi pun berkoordinasi dan bekerja sama dengan Kementerian Haji dan Umrah serta otoritas keamanan untuk melengkapi jalur khusus jamaah haji dalam beribadah. Termasuk juga untuk memastikan jaga jarak sosial antar-jamaah haji. Lalu menerapkan pintu khusus bagi setiap kelompok untuk mereka masuk dan keluar dari masjid sehingga memastikan arus jamaah haji dan menghindari kerumunan.

Baca juga: Cegah Covid-19, Jamaah Haji Akan Dapat Sajadah Dalam Tas Tertutup dan Steril 

Lalu dilakukan peningkatan kapasitas produksi botol untuk air zamzam yang didistribusikan kepada jamaah haji. Semua jamaah haji akan diberikan botol air zamzam yang disegel dan disterilkan untuk sekali pakai.

Kemudian jamaah haji juga diberikan wadah berpendingin. Sementara mesin pendingin zamzam di masjid tidak diizinkan digunakan oleh mereka.

Baca juga: Arab Saudi Tugaskan Pemimpin Kesehatan untuk Setiap 50 Jamaah Haji Tahun Ini 

Masjidil Haram. (Foto: Shutterstock)

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini