Ini 5 Alasan Penting Kamu Harus Pelajari Hukum Waris

Yudistira, Jurnalis · Minggu 02 Agustus 2020 19:18 WIB
https: img.okezone.com content 2020 08 02 330 2255752 ini-5-alasan-penting-kamu-harus-pelajari-hukum-waris-40UtzuczVi.jpg ilustrasi (stutterstock)

ISLAM telah menetapkan setiap individu yang ditinggalkan keluarganya meninggal memiliki bagian dari harta yang ditinggalkan sesuai dengan yang ditetapkan oleh Alquran dan sunah Nabi Muhammad secara adil dan bijaksana.

Sering kali ketika salah satu keluarga meninggal, terutama orangtua, keluarga yang tadinya bersatu dan bersaudara menjadi pecah berantakan karena disebakan perbedaan cara membagi waris.

Untuk mengatasi pembagian waris, Islam memberikan pedoman yang mutlak dalam mengatur pembagian waris.

Baca juga:  Viral! Perempuan Berdoa Sendirian di Depan Kakbah Bikin Netizen Terpesona

Sebagaimana dikutip dari buku ‘Percikan Hukum Waris’ karya Ustadz Saifudin ASM, disebutkan bahwa Islam dan Assunnah telah memberikan pedoman yang jelas dan rinci tentang hak dan kewajiban ahli waris. Ini yang mengatur ini disebut faraidh.

Menurutnya mempelajari ilmu faraid dan mengetahui hukum waris sesuai tuntunan syariat sangat penting.

Rasulullah bersabda kepada Abu Hurairah radhiyallahu ‘anhu:

يَا أَبَا هُرَيْرَةَ تَعَلَّمُوا الْفَرَائِضَ وَعَلِّمُوهَا، فَإِنَّهُ نِصْفُ الْعِلْمِ وَهُوَ يُنْسَى، وَهُوَ أَوَّلُ شَيْءٍ يُنْزَعُ مِنْ أُمَّتِي

Artinya: “Wahai Abu Hurairah, belajarlah ilmu faraidh dan ajarkanlah, karena sesungguhnya ia adalah setengah dari ilmu. Dan ilmu itu akan dilupakan dan dia adalah ilmu yang pertama kali dicabut dari umatku.” (HR. Ibnu Majah no. 2719).

Dalam riwayat lain ketika kaum muhajirin masuk ke Madinah, mereka saling mewarisi dengan kaum ansar dan meninggalkan hak keluarga terdekat sebagimana firman Allah:

لِكُلٍّ جَعَلْنَا مَوَالِيَ مِمَّا تَرَكَ الْوَالِدَانِ وَالْأَقْرَبُونَ وَالَّذِينَ عَقَدَتْ أَيْمَانُكُمْ فَآتُوهُمْ نَصِيبَهُمْ إِنَّ اللَّهَ كَانَ عَلَى كُلِّ شَيْءٍ شَهِيدًا (33)

Artinya: “Bagi tiap-tiap harta peninggalan dari harta yang ditinggalkan ibu bapak dan karib kerabat, kami jadikan pewaris-pewaris. Dan (jika ada) orang-orang yang kalian telah bersumpah setia dengan mereka, maka berilah kepada mereka bagiannya. Sesungguhnya Allah menyaksikan segala sesuatu.”

 

Saifuddin berkesimpulan, apa yang difirman Allah mengisyaratkan bahwa membagi hukum waris secara Islam sangat tepat, penting, dan hukumnya wajib.

Ini alasannya wajib belajar faraidh:

1. Harta manusia bersifat sementara

2. Kebanyakan manusia bersifat rakus dan kikir

3. Hukum waris dijelaskan secara rinci dan jelas dalam Alquran dan sunah.

4. Allah SWT sangat adil dan bijaksana.

5. Orang yang tidak menjalankan hukum Allah sangat fasik dan zalim

(sal)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini