Inilah Tradisi Perempuan Makkah di Musim Haji yang Hilang karena Covid-19

Ade Naura, Jurnalis · Minggu 02 Agustus 2020 13:04 WIB
https: img.okezone.com content 2020 08 02 614 2255672 inilah-tradisi-perempuan-makkah-di-musim-haji-yang-hilang-karena-covid-19-SlNyA2HaR2.jpg Perempuan Makkah beribadah di sekitar Kakbah pada Hari Arafah (Saudi Gazette)

MAKKAH – Pandemi Covid-19 ternyata ikut melenyapkan tradisi perempuan Makkah di sekitar Kakbah yang berlangsung tiap musim haji selama 70 tahun. Mereka berbondong-bondong keluar rumah lalu ke Masjidil Haram, bertawaf di Kakbah saat jamaah haji wukuf di Padang Arafah pada 9 Dzulhijjah.

Para wanita Arab dengan abaya hitamnya mengelilingi Kakbah jadi pemandangan langka saat itu. Mereka memberikan pemandangan yang berbeda di Mataf atau area Kabah.

Baca juga:  Tradisi Unik Perayaan Idul Adha di 10 Negara, dari China hingga Turki

Para wanita ini menggunakan kesempatannya untuk melakukan tawaf, mencium batu hitam atau hajar aswad, dan sholat di Multazam. Mereka juga akan membuka puasa mereka di Mataf, lalu mereka akan pulang ke rumah masing-masing.

Tradisi ini sudah ada sejak lebih dari 70 tahun lalu, di mana saat kaum laki-laki Makkah menemani jamaah haji yang wukuf di Arafah dengan menawarkan berbagai layanan, para perempuan memanfaatkan kondisi itu dengan keluar dan beribadah di sekitar Kakbah.

"Dahulu tradisi dari semua pria dari masyarakat Makkah untuk sepenuhnya terlibat dalam kegiatan haji dan dengan demikian memberikan kesempatan langka bagi perempuan untuk menghabiskan hari diberkati di tempat yang paling diberkati di bumi,” kata Sameer Barqa, seorang peneliti sejarah Makkah seperti dilansir dari Saudi Gazette, Minggu (2/8/2020).

 

"Ketika para lelaki pergi ke tempat suci di hari Tarwiyah, hari pertama haji, kota suci Makkah akan kosong dari jamaah laki-laki dan kemudian para wanita akan pergi untuk menjaga lingkungan juga," katanya.

Namun, tahun ini, virus corona mencegah perempuan mempertahankan tradisi ini karena mereka dipaksa untuk tetap tinggal di rumah, karena sebagai tindakan pencegahan penularan Covid-19.

(sal)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini