Menyia-nyiakan Waktu, Godaan Setan yang Kerap Tak Disadari Manusia

Saskia Rahma Nindita Putri, Jurnalis · Senin 03 Agustus 2020 15:10 WIB
https: img.okezone.com content 2020 08 03 330 2256165 menyia-nyiakan-waktu-godaan-setan-yang-kerap-tak-disadari-manusia-yaacvBZ5Na.JPG Ustadz Khalid Basalamah (Foto: YouTube/@Khalid Basalamah Official)

IBLIS telah bersumpah kepada Allah Subhanahu wa Ta'ala akan menggoda manusia sampai hari kiamat untuk menjerumuskannya ke perbuatan dosa. Dengan demikan, manusia yang selalu dikelilingi berbagai godaan dan tipu daya iblis ataupun setan sejatinya meminta perlindungan kepada Allah.

Salah satu godaan setan paling nyata dan mudah kita lalaikan adalah waktu. Tak sedikit manusia melalaikan waktu yang bergulir dalam setiap harinya. Waktu tersebut dibiarkan berlalu begitu saja tanpa menyisakan nilai ibadah yang bisa mendulang pahala.

“Detik-detik kehidupan kita ini mahal sekali. Biasanya setan yang membuat kita lalai, misalnya membuang-buang waktu kosong yang seolah waktunya panjang,” ucap dai kondang Ustadz Khalid Basalamah, disadur dari channel YouTubenya, Khalid Basalamah Official, Senin (3/8/2020).

Baca juga: Manusia Gemar Bertobat Dapat Tempat Istimewa di Sisi Allah Ta'ala

“Tapi giliran perihal ibadah, waktu rasanya berat. Seperti kalau masuk masjid dan lima menit harus nunggu waktu sholat. Apa biasanya bisikan setan? 5 menit lama sekali,” tambah Ustadz Khalid.

Hasutan setan ini seringkali tidak disadari, diwujudkan dalam bentuk rasa malas yang seolah menjadi hal wajar dan tidak merugikan siapapun yang melakukannya. Padahal, sebaik-baiknya waktu adalah yang digunakan untuk hal-hal bermanfaat dengan cara yang maksimal.

Lebih lanjut, Ustadz Khalid mengatakan bahwa sebenarnya waktu 5 menit tadi dapat digunakan untuk memanjatkan doa karena sangat mustajab, sebagaimana Nabi Muhammad Shallallahu 'alaihi wasallam pernah bersabda: “Doa yang tidak ditolak adalah pada saat adzan dan iqamah,”, yakni tepat beberapa menit sebelum waktu sholat didirikan.

Dengarkan Murrotal Al-Qur'an di Okezone.com, Klik Tautan Ini: https://muslim.okezone.com/alquran

Masih banyak yang tak menyadari dan menyepelekan hal ini. Menunggu sholat beberapa menit bukan untuk menyebut nama Allah, tapi lebih memilih untuk sekadar duduk di depan masjid tanpa melakukan hal yang bermanfaat.

Inilah yang dinyatakan oleh Ustadz Khalid sebagai godaan setan, di mana merasa tak keberatan melakukan hal yang tak bermanfaat, tetap merasa begitu sulit untuk melakukan hal yang berkaitan dengan ibadah.

“Nunggu lama waktu sholat, orang bukannya cari masjid tapi malah milih nongkrong di depan. Lalu misalnya ke kafe, atau ke restoran, mau pesan makanan dan habis sehingga harus menunggu 15 menit, tapi tak keberatan untuk menunggu lama. Giliran 5 menit untuk nunggu sholat tidak mau, 5 menit atau bahkan satu menit saja untuk membaca Alquran, rasanya begitu berat. Itulah godaan setan,” tandas pendakwah asal Makassar ini.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini
Adzan Shubuh Adzan Dzuhur Adzan Ashr Adzan Maghrib Adzan Isya