Selesai Tawaf Wada, Jamaah Haji Kembali Jalani Karantina

Hantoro, Jurnalis · Senin 03 Agustus 2020 08:11 WIB
https: img.okezone.com content 2020 08 03 614 2255900 selesai-tawaf-wada-jamaah-haji-kembali-jalani-karantina-dykVwUuS3T.jpg Jamaah haji 1441H di Masjidil Haram. (Foto: Twitter @HaramainInfo)

JAMAAH haji telah selesai melakukan prosesi tawaf wada. Ini merupakan tawaf perpisahan dan menandai akhir dari rangkaian kegiatan berhaji.

Para jamaah pada hari Minggu kemarin melakukan lempar jumrah di Mina dengan aman. Mereka kemudian kembali ke Masjidil Haram untuk menyelesaikan tawaf wada atau tawaf perpisahan untuk menyelesaikan urutan ibadah haji.

Baca juga: Inilah Tradisi Perempuan Makkah di Musim Haji yang Hilang karena Covid-19 

Jamaah haji memasuki Masjidil Haram melalui pintu yang sudah ditentukan dan diminta mengikuti jalan yang telah diberi tanda berupa garis. Kemudian harus selalu menjaga jarak sosial sebagaimana protokol kesehatan pencegahan virus corona (covid-19).

Sementara itu Wakil Menteri Haji dan Umrah Arab Saudi Dr Abdulfattah bin Sulaiman Mashat mengatakan sampai saat ini tidak ada laporan jamaah yang terinfeksi virus corona. Ia melanjutkan, para jamaah selanjutnya kembali menjalani pemeriksaan medis dan karantina.

Jamaah diharuskan menjalani isolasi mandiri selama tujuh hari sebelum memulai prosesi haji. Kemudian kembali melakukan karantina setelah prosesi haji selesai.

Pemerintah Arab Saudi menerapkan tindakan pencegahan secara ketat untuk memastikan penyelenggaraan ibadah haji tahun ini berjalan aman.

"Ada rencana terperinci untuk setiap kegiatan yang dilakukan jamaah; fokus utamanya adalah bagaimana menerapkan tindakan pencegahan medis secara efektif," kata Mashat, dikutip dari Arabnews, Senin (3/8/2020).

"Dengan mengambil semua tindakan pencegahan dan upaya besar ini, Kerajaan mengirim pesan bahwa kesehatan manusia adalah prioritas utamanya," jelas dia.

Baca juga: Sehari, Petugas Habiskan 54.000 Liter Disinfektan untuk Bersihkan Masjidil Haram 

Bashir Fadlallah Al-Faeq, jamaah asal Republik Afrika Tengah, sangat bersyukur dapat berpartisipasi dalam musim haji yang luar biasa tahun ini.

"Saya merasa aman dan percaya diri dengan tindakan pencegahan yang luar biasa yang diambil oleh pihak berwenang untuk membatasi persebaran pandemi," ujarnya.

Jamaah haji 2020 tawaf mengelilingi Kakbah. (Foto: Twitter @HaramainInfo)

Pihak keamanan publik Arab Saudi mengonfirmasi bahwa tidak ada yang bisa memasuki tempat-tempat suci tanpa izin. Tercatat bahwa lebih dari 2.000 pelanggar yang berusaha menyusup ke lokasi-lokasi tersebut ditangkap dan sanksi hukum diberikan.

Pangeran Abdul Aziz bin Saud bin Naif, menteri dalam negeri dan ketua Komite Tertinggi Haji, mengadakan pertemuan virtual dengan para pemimpin sektor keamanan pada hari Minggu kemarin. Dia menyampaikan salam Raja Salman dan Putra Mahkota Muhammad bin Salman kepada para petugas keamanan serta para pemimpin sektor keamanan yang berpartisipasi dalam misi haji tahun ini.

Baca juga: Viral! Perempuan Berdoa Sendirian di Depan Kakbah Bikin Netizen Terpesona 

Jamaah haji 2020. (Foto: Istimewa/Twitter)

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini