Tahun Baru Islam 1442 Hijriah, Warga Bisa Nikmati Libur Panjang

Salman Mardira, Jurnalis · Senin 03 Agustus 2020 16:50 WIB
https: img.okezone.com content 2020 08 03 614 2256253 tahun-baru-islam-1442-hijriah-warga-bisa-nikmati-libur-panjang-EJ19CUCmak.jpg Masjid di Kota Dubai, Uni Emirat Arab (M Sajjad/Khaleej Times)

DUBAI – Penduduk Uni Emirat Arab (UEA) dapat menikmati libur akhir pekan yang panjang karena Tahun Baru Islam 1 Muharram 1442 Hijriah diperkirakan jatuh pada Kamis 20 Agustus 2020.

Melansir laporan Gulf News, Senin (3/8/2020), UEA telah mendeklarasikan Muharram 1 sebagai hari libur nasional untuk sektor publik dan swasta.

Sharjah Planetarium menyatakan ada kesempatan mengamati hilal karena bulan sabit baru diperkirakan akan terbentuk pada Rabu 19 Agustus pukul 6.42 pagi waktu setempat, dan akan naik sekitar 34 menit setelah matahari terbenam.

Baca juga: Sunah Rasulullah Terbukti Ilmiah, Makan-Minum Sambil Duduk Ternyata Lebih Sehat 

Oleh karena itu, Kamis akan menandai hari pertama Muharram dan juga Tahun Baru Islam 1442 Hijriah, menurut perhitungan astronomi.

Namun, komite khusus pengamatan bulan di UEA akan berkumpul untuk menilai apakah mereka dapat melihat bulan baru, untuk secara resmi mengumumkan awal Tahun Baru Islam.

Tahun Baru Hijriah

Kalender Islam tergantung pada pergerakan bulan. Awal setiap bulan ditandai dengan berpatokan pada bulan baru yang terlihat untuk pertama kalinya. Visibilitas bulan baru tergantung pada berbagai faktor, seperti cuaca.

 

Tahun Hijriah ditandai sejak hijrahnya Nabi Muhammad SAW bersama sahabat-sahabatnya dari Makkah ke Madinah, kota paling suci Islam di Arab Saudi, sejak 1.441 tahun lalu.

Tahun pertama Hijriah diyakini bertepatan dengan tahun 622 Masehi. Dibandingkan dengan kalender Masehi, tahun Islam mundur sekitar 11 hari setiap tahun.

Awal Muharram bagi umat Islam biasanya disambut dengan doa bersama, membaca ayat-ayat dari Alquran dan mengadakan khotbah khusus di masjid-masjid.

Dengarkan Murrotal Al-Qur'an di Okezone.com, Klik Tautan Ini: https://muslim.okezone.com/alquran

(sal)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini
Adzan Shubuh Adzan Dzuhur Adzan Ashr Adzan Maghrib Adzan Isya